Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild

Nur Aini Shofiya Asy'ari, Aini (2018) Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild. LINIMASA Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2). pp. 52-67. ISSN 2614-0381

[img] Text (jurnal: Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild)
3. Peran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (peer review jurnal: Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild)
3. Peer Review Jurnal = Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild.pdf - Published Version

Download (936kB)
[img] Text (plagiarism check: Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild)
3. Sinta 5_Linimasa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Iklan dalam paradigma wacana merupakan model komunikasi yang mengkomunikasikan citra secara maksimum dalam waktu yang minimum dan diharapkan dapat mencapai sasaran dan memberikan keuntungan kepada produsen. Karena pengaruhnya yang sangat besar maka khusus untuk iklan rokok dibatasi ruang geraknya oleh undang-undang No.24 tahun 1997 tentang Penyiaran, Tata Krama serta Tata Cara Periklanan Bab II Poin C butir 7. Hal ini menjadi stimulus bagi produsen iklan rokok untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pesan. Iklan rokok A Mild memilih untuk memproduksi iklan dengan mengangkat fenomena-fenomena yang sedang ramai dibicarakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara thematic campaign iklan A Mild (How Low You Can Go, Others can only follow, Bukan Basa-basi, Tanya Kenapa dan Go A head). Dengan brand image rokok A Mild. Untuk mengetahui pesan iklan A Mild penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dari analisis isi pesan iklan diketahui bahwa iklan A Mild merupakan representasi fenomena social yang sedang terjadi di masyarakat. Iklan A Mild menggunakan kampanye tematik dalam pembuatan iklannya disesuaikan dengan fenomena sosial yang sedang terjadi. Thematic campaign How Low You Can Go dan Others can only follow ditandai dengan hadirnya iklan A Mild dengan kalimat-kalimat yang ditujukan pada para kompetitor produsen rokok low tar low nicotin (LTLN) yang mengikuti langkah A Mild, Thematic campaign Bukan Basa Basi dan Tanya Kenapa merupakan tema kampanye iklan yang bertujuan mengkritisi fenomena sosial yang sedang terjadi, Sementara thematic campaign Go Ahead adalah iklan dengan pesan pada khalayaknya untuk terus berani melangkah ke depan. Thematic campaign iklan A Mild secara keseluruhan ingin membentuk citra konsumen yang cerdas, trend setter, kritis dan berani. Dengan bahasa lain bahwa A Mild lewat iklannya ingin menyampaikan bahwa jika konsumen rokok merasa dirinya cerdas, trendsetter, up to date,berani, kritis maka konsumen tersebut pasti akan memilih A Mild sebagai rokok yang dikonsumsinya.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora UNIDA Gontor > Ilmu Komunikasi
Depositing User: SR Nur Aini Shofia Asy'ari
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:34
Last Modified: 17 Nov 2021 04:34
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item