Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV

Ahmad Fahruddin, Fahruddin (2019) Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV. ProTVF : Jurnal Kajian Televisi dan Film, 3 (1). pp. 1-18. ISSN 2549-0087

[img] Text (jurnal: Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV)
5. Kajian teori.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (peer review: Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV)
5. Peer Review Jurnal = Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV.pdf

Download (926kB)
[img] Text (Plagiarism check jurnal: Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV)
5. Sinta 3_ProTV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Televisi memiliki kelebihan dalam memengaruhi khalayak karena keunggulannya sebagai media audio visual. Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan televisi sebagai sarana hiburan dan sumber informasi utama. Sebagai media yang jangkauannya luas, dakwah islam akan sangat efektif dilakukan dengan media televisi. Euforia pertumbuhan stasiun lokal sejak diberlakukannya UU No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran rupanya menyisakan beberapa permasalahan. Popularitas televisi lokal masih rendah daripada televisi nasional yang pada akhirnya memaksa stasiun televisi lokal lebih kreatif dalam pengelolannya. Tujuan penyiaran televisi adalah memengaruhi khalayak, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana selera dan kemauan khalayak. Terkait dengan hal tersebut, Sydney W Head mengemukakan lima elemen penting dalam strategi programming, yaitu compatibility, habit formation, control audience flow, conservation of program resource dan breadth appeal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teori strategi programming Sydney W. Head diterapkan pada program acara dakwah ADiTV. Dengan menggunakan metode kualitatif penelitian ini melakukan analisa terhadap data-data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi programming ADiTV sejalan dengan teori lima elemen strategi programming Sidney W. Head. Namun yang perlu diperhatikan ADiTV adalah perlunya dilakukan riset terhadap perilaku khalayak yang cenderung berubah pola akses informasinya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap praktik pengelolaan program siaran televisi khusunya program acara dakwah. Kata-kata Kunci: Strategi programming Sydney W. Head; ADi TV; program dakwah; televisi; penyiaran

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora UNIDA Gontor > Ilmu Komunikasi
Depositing User: SR Nur Aini Shofia Asy'ari
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:39
Last Modified: 17 Nov 2021 04:39
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item