Eksperimentasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Ditinjau Dari Kemampuan Bekerjasama

Harmini, Triana (2020) Eksperimentasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Ditinjau Dari Kemampuan Bekerjasama. Eksperimentasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Ditinjau Dari Kemampuan Bekerjasama, 10 (1). pp. 17-30. ISSN P-ISSN : 2088-3021 E-ISSN : 2598-8077

[img] Text (Text Jurnal)
06. Eksperimentasi Mobile Learning.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (970kB)
[img] Text
6. eksperimentasi mobile learning.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. Eksperimentasi Mobile Learning.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masa pandemi covid-19 seperti saat ini mengharuskan untuk mencari alternatif pembelajaran yang efektif digunakan. Pembelajaran biasanya tatap muka langsung sekarang melalui daring. Salah satu alternatif dalam pembelajaran saat ini adalah penggunaan smartphone atau biasa disebut dengan mobile learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan prestasi belajar matematika mahasiswa dengan pembelajaran melalui mobile learning dan google classroom, 2) interaksi antara pembelajaran melalui mobile learning dan kemampuna bekerja sama mahasiswa terhadap prestasi belajar matematika , 3) perbedaan prestasi belajar matematika mahasiswa pada tingkat kemampuan bekerja sama. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Pamane Talino yang mengambil mata kuliah Kalkulus Integral sebanyak 68 mahasiswa yang terdiri dari 2 kelas. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama 5 kali pertemuan. Setiap kelompok diajar dengan materi yang sama. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes dan angket (kuisioner). Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan pendekatan desain factorial 2x3. Uji analisis data yang digunakan yaitu uji ANAVA dua jalur dengan prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisi data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, sehingga dapat disimpulkan bahwa : (1) pembelajaran dengan media Mobile Learning lebih efektif daripada pembelajaran dengan media Google Classroom, (2) tingkat kemampuan bekerja sama tinggi,sedang dan rendah memberikan efek yang berbeda terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa dan (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran mobile learning dan google classroom terhadap prestasi belajar tidak bergantung kepada kemampuan kerjasama mahasiswa. Sebaliknya pengaruh kemampuan kerjasama mahasiswa, terhadap prestasi belajar tidak bergantung kepada penggunaan media pembelajaran, baik melalui mobile learning atau google classroom.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor > Teknik Informatika
Depositing User: Tryan Arza SAINTEKK3
Date Deposited: 11 Sep 2021 06:16
Last Modified: 11 Sep 2021 06:16
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item