Search for collections on UNIDA Gontor Repository

PENGARUH PENDIDIKAN SARAPAN SEHAT DENGAN MEDIA KOMIK ISLAMI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR

Damayanti, Amilia Yuni (2018) PENGARUH PENDIDIKAN SARAPAN SEHAT DENGAN MEDIA KOMIK ISLAMI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR. PENGARUH PENDIDIKAN SARAPAN SEHAT DENGAN MEDIA KOMIK ISLAMI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR, 2 (2). pp. 53-59. ISSN P-ISSN 2528-3170 E-ISSN 2541-5921

[img] Text (Jurnal)
4. JURNAL pengaruh pendidikan sarapan sehat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (261kB)
[img] Text (Reviewer)
4. REVIEWER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Plagiarism)
4. Cek Plagiasi JURNAL 4 2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media merupakan salah satu penentu keberhasilan penyampaian pendidikan gizi. Media yang baik bagi anak adalah media yang memberikan transfer pengetahuan dan nilai moral. Media komik islami adalah inovasi pemberian informasi terkait sarapan sehat. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan pre-posttest control group design. Subjek diambil dengan simple random sampling sebanyak 64 siswa dibagi ke dalam 2 kelompok, kelompok A dengan media komik islami (n=32) dan kelompok B berupa kontrol (n=32). Data pengetahuan gizi diperoleh dari kuesioner pretest dan posttest. Pengaruh media terhadap pengetahuan diuji menggunakan Wilcoxon dan dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil analisis menunjukan terdapat peningkatan tingkat pengetahuan signifikan pada kelompok yang diberikan komik islami (p = 0,000). Artinya, terdapat pengaruh pemberian komik islami tentang sarapan sehat terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: PAK Fakultas Ilmu Kesehatan
Date Deposited: 11 Dec 2021 06:05
Last Modified: 11 Dec 2021 06:05
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item