Durus Al-Lughah Gontory: Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula Menggunakan Metode Langsung

Muriyatmoko, Dihin and Pradhana, Faisal Reza and Musyafa’, Zaenury Adhiim (2019) Durus Al-Lughah Gontory: Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula Menggunakan Metode Langsung. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6 (1). pp. 77-84. ISSN 2355-7699

[img] Text (Durus Al-Lughah Gontory: Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula Menggunakan Metode Langsung)
Dihin JTIIK UB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Hasil cek plagiasi dengan Turnitin)
turnitin 2019 Dihin JTIIK UB 2019_2.pdf - Other

Download (3MB)
[img] Text (Hasil peer-review sejawat)
Bukti 6 Peer-Reviewer rev.pdf - Other

Download (1MB)
Official URL: http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view...

Abstract

Setiap lembaga pendidikan berbasis pesantren mewajibkan santrinya untuk mempelajari bahasa arab, salah satunya Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) Ponorogo yang kesehariannya menggunakan bahasa arab sebagai sarana komunikasi. Media pembelajaran bahasa arab ini bertujuan untuk membantu calon mahasiswa bukan alumni pesantren yang ingin bergabung menjadi mahasiswa UNIDA Gontor. Konten aplikasi diambil dari buku Durus Al-Lughah karya K.H. Imam Zarkasyi yang merupakan satu dari tiga pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo dan salah satu muridnya yaitu K.H. Imam Syubani, buku ini juga dipelajari santri PMDG kelas satu. Media ini berbasis mobile Android yang dibuat menggunakan langkah-langkah model Waterfall dan kontennya menerapkan metode langsung tanpa menggunakan bahasa ibu (Indonesia). Media ini merupakan pengembangan dari sebelumnya yang menggunakan metode terjemah yang memiliki kelemahan penguasaan bahasa menjadi pasif dan pencapaian pengetahuan kata-kata kurang sempurna. Pengujian dilakukan dengan dua cara yaitu kesesuaian pada berbagai perangkat Android menunjukkan kesesuaian untuk perangkat berukuran minimal 4.5 inchi dan penyebaran kuisioner dengan nilai rata-rata dari seorang ahli materi pembelajaran bahasa Arab memberikan nilai 100%, seorang ahli media pembelajaran 93,34%, mahasiswa bukan alumni pesantren 90,5%, hasil penilaian dari mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 92% dan hasil penilaian dari pengguna umum playstore (bit.ly/durusdm) mulai tanggal 1 sampai 20 Mei 2018 menghasilkan nilai 5 dari 5 (total rating tertinggi) berjumlah 31 orang. Hasil kuisioner oleh responden menunjukkan kesesuaian media dengan pengguna tingkat pemula, akan tetapi aplikasi ini hanya bersifat membantu dan tidak bisa menggantikan peran guru dan interaksi antar guru dengan murid yang sesungguhnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: durus al-lughah, Gontor, media pembelajaran bahasa arab, metode langsung, pesantren
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Dihin Muriyatmoko
Date Deposited: 22 Mar 2020 02:44
Last Modified: 22 Mar 2020 05:59
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item