Kausalitas: Hukum Alam atau Tuhan? Membaca Pikiran Religio-Saintifik al-GhazÉlÊ

Dr. Hamid, Fahmy Zarkasyi (2018) Kausalitas: Hukum Alam atau Tuhan? Membaca Pikiran Religio-Saintifik al-GhazÉlÊ. In: Kausalitas: Hukum Alam atau Tuhan? Membaca Pikiran Religio-Saintifik al-GhazÉlÊ. UNIDA Gontor Pres, Ponorogo, pp. 1-356. ISBN 978-602-50106-7-5 (Submitted)

[img] Text (Reviewer)
Reviewer Buku Kausalitas.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (Buku)
Buku Kausalitas al-Ghazali.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Haki)
Haki Kausalitas.pdf

Download (224kB)

Abstract

EGALA PUJI BAGI ALLAH, Pemberi Cahaya, Pembuka Mata, Penyingkap Misteri, dan Pengangkat Tabir. Segala puji bagi Allah, yang puji-pujian terhadap-Nya seharusnya mendahului setiap tulisan dan perbincangan. Segala puji bagi Allah yang Mahakuasa karena memungkinkan saya untuk menyelesaikan kontribusi sederhana ini di jalan untuk mempromosikan sebab kebenaran. Semoga Allah menunjukkan kepada kita kebenaran sebagai kebenaran dan membimbing kita untuk mencapainya. Buku ini berasal dari disertasi doktoral saya di International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC), International Islamic University Malaysia (IIUM). Subjek kajian dalam buku ini tidak semata hasil penelitian independen saya, namun juga hasil proses studi yang panjang saya di ISTAC. ISTAC adalah sebuah institut yang menawarkan program master dan doktor dengan konsentrasi Pemikiran Islam, Peradaban Islam dan Sains Islam. Pengajarnya adalah profesor dalam tiga bidang ilmu Islam di atas yang direkrut dari berbagai negara. Secara keilmuan, Prof. Dr. Syed Muhammad Naquib al-Attas adalah pemegang otoritas keilmuan Islam, dan secara kelembagaan ia adalah pendiri dan Prakata viii direktur ISTAC. Selain hierarki keilmuannya yang tertata rapi, framework kajian keilmuan di ISTAC begitu jelas. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang menuntun saya ke gerbang-gerbang pengetahuan. Terima kasih yang tak terhingga saya haturkan kepada Prof. Dr. Syed Muhammad Naquib al-Attas, yang perkuliahannya mengilhami saya memahami berbagai masalah pemikiran dan peradaban Islam berikut solusi-solusinya. Saran dan bimbingan Prof. al-Attas kepada saya—semisal dalam menemukan masalah dan menentukan kerangka untuk membahas pemikiran alGhazÉlÊ—sangatlah berharga bagi penyelesaian karya ini. Tidak jarang selama bimbingan beliau menelepon saya untuk sekadar memberitahukan adanya makalah yang berguna untuk bahan kajian ini. Selama mengoreksi proposal saya, beliau menunjukkan sebuah kearifan bagaimana bersikap adil dalam memperlakukan sumber literatur dari penulis yang otoritatif dan yang tidak otoritatif dalam bidangnya. Demikian pula memperlakukan literatur dari penulis-penulis orientalis dengan menggunakan worldview Islam. Tak lupa pula rasa terima kasih saya untuk Prof. Dr. Cemil Akdoğan—yang menggantikan Prof. Dr. Muhammad Naquib al-Attas—selama bimbingannya bersikap sangat tawadhu’. Komentar, kritik, dan dorongannya sangat berperan dalam penyelesaian akhir karya ini. Saya juga ingin berterima kasih kepada Prof. Dr. Umar Jah—sebagai pembimbing kedua—atas dorongan dan saran-sarannya yang rendah hati. Demikian pula pengganti Prof. Dr. Umar Jah, yaitu Dr. Ssekamanya Siraje Abdallah, untuk saran-sarannya tentang strategi menulis. Rasa terima kasih khusus saya sampaikan kepada Prof. Dr. Wan Mohd Nor Wan Daud yang telah memberi kemudahan nasihat dan dorongan selama studi saya di ISTAC dari sejak awal pendaftaran hingga selesainya disertasi. Demikian pula kuliahnya tentang Islamisasi telah menjelaskan banyak tentang pemikiran Prof. Dr. al-Attas. Selanjutnya, rasa terima kasih saya yang mendalam untuk Prof. Dr. Alparslan Açikgenç, atas kuliahnya tentang ix Filsafat Islam yang telah mencerahkan saya memahami kerangka konseptual worldview Islam. Juga kuliahnya tentang Filsafat Barat yang telah memperluas wawasan saya tentang pentingnya framework dalam kajian apa pun. Dari perjalanan studi saya di ISTAC, saya mendapat banyak ilmu baru yang memperluas wawasan saya dari para profesor di sana. Untuk itu, terima kasih kepada Prof. Dr. Hans Daiber (Jerman) selaku dosen Sejarah pemikiran Islam dan Barat; Prof. Dr. Paul Lettink (Belanda) selaku dosen Logika dan Fisika Ibn Sina; Prof. Dr. Bilal Kuşpınar (Turki) selaku dosen Sejarah Teologi Islam, Prof. Dr. Mudaththir Abdurrahim (Sudan) selaku dosen Ilmu Politik Islam; Prof. Dr. Malik Badri (Sudan) selaku dosen Psikologi Islam; Prof. Dr. Ferid Muhić (Bosnia) selaku dosen Filologi dan Postmodernisme. Nama-nama ini, menurut saya, sosok-sosok tepat yang menyuguhkan kepingan-kepingan gambar dari sebuah bangunan pemikiran dan peradaban Islam yang disusun oleh pendiri dan direktur ISTAC, yaitu Prof. Dr. Muhammad Naquib al-Attas, yang memiliki kepemimpinan akademis, kewibawaan intelektualitas, dan otoritas keilmuan Islam. Dalam kesempatan ini, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada istri saya, Emira Iffat, dan anak-anak saya—Nazia Dinia, Isma Amelia, Himma Hameesha, dan Zinda Danisha—atas kesabaran, pengertian, dan dukungan mereka yang tak putus-putusnya. Begitu banyak akhir pekan dan malammalam yang panjang terenggut dari mereka, tatkala mereka kehilangan perhatian dan kasih sayang saya. Semoga Allah memberkati mereka semua. Terakhir tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Saudara Burhan Ali dan Saudari Yulianingsih Riswan yang telah membantu mengindonesiakan buku saya ini, dan juga kepada Saudara Yusuf Maulana yang telah menyunting hasil terjemahan itu dengan mencari padanan kata dan kalimat bahasa Inggris dan Arab dalam bahasa Indonesia yang tepat. Semoga segala bantuannya mendapatkan pahala ilmu dari Allah Ta’al

Item Type: Book Section
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: Ammalia Ammalia
Date Deposited: 14 Jun 2020 07:13
Last Modified: 14 Jun 2020 07:13
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item