Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Pelaksanaan Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Sebagai Kurik!Jum Lokal Di SMU Muhammadiyah 1 Ponorogo.

jauhari, jauhari (2001) Pelaksanaan Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Sebagai Kurik!Jum Lokal Di SMU Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate thesis, universitas darussalam gontor.

[img] Text (cover)
1 cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (368kB)
[img] Text (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (900kB)
[img] Text (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (824kB)
[img] Text (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text (bab 2)
5 bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (bab)
6 bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text (bab 4)
7 bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text (refrensi)
8 reffreansi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (135kB)
[img] Text (bab 5)
8 bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (609kB)

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang berfungsi sebagai agen pembaharu sosial dan bertanggungjawab atas pelestarian dan penjagaan terhadap nilai- nilai yang ada pada masyarakat. Begitu pula halnya dengan SMU Muhammadiyah 1 Ponorogo sebagai lembaga pendidikan yang pengelolaanya dilakasanakan oleh organisasi Muhammadiyah bertanggung jawab atas nilai-nilai keislaman yang bertujuan membentuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulya, cakap, percaya pada diri sendiri, berdisiplin, dan bertanggung jawab. Maka untuk mencapai tujuan tersebut Persyarikatan Muhammadiyah merancang kurikulum Kemuhammadiyahan sebagai muatan lokal yang wajib dajarkan pada semua lembaga pendidikan dibawah naungan Muhammadiyah. Kurikulum ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada siswa akan Muhammadiyah sebagai organisasi Islam yang berasaskan pada al-Qur'an dan as-Sunnah sesuai dengan pemahaman Muhammadiyah. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji tentang pelaksanaan mata pelajaran Kemuhammadiyahan sebagai kurikulum lokal á SMU Muhammadiyah 1 Ponorogo. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, penulis menggunakan methode pengumpulan data yakni; methode documenter untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum Kemuhammadiyahan sebagai kurikulum lokal, methode observasi dan wawancara sebagai methode pelengkap dalam pengumpulan data dalam mengamati proses pelaksanaan mata pelajaran Kemuhammadiyahan sebagai muatan lokal. Data yang terkumpul danalisa secara inductive dan disajikan secara descriptive analysis. Dalam pelaksanaan mata pelajaran Kemuhammadyahan sebagai kurikulum lokal mempunyai hubungan yang erat dengan pendidikan agama Islam (Al Islam), karena cakupan bahan mata pelajaran Kemuhammadiyahan mencakup pendidikan agama Islam, sehingga celuruh matapelajaran al-islam (Pendidikan agama islam) dan Kemuhammadiyahan merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan, walaupun masing- masing pelajaran disajikan secara terpisah. Sebagai kurikulum lokal, kurikulum Kemuhammadiyahan di SMU Muhammadiyah 1 tak lepas dari kedudukannya sebagai salah satu dari sub system pendidikan nasional, maka merupakan suatu keharusan adanya keselarasan antara sub-system dengan system induk yang dikuti, setidaknya tak bertentangan antara satu dengan yang lainnya baik dari segi tujuan maupun landasan pelaksanaanya, dengan tanpa menghilangkan karateristik yang dimiliki oleh sekolah tersebut. Penelitian ini masih sederhana, karena masih bersifat descrivtif, karena itu perlu kiranya bagi para peneliti mendatang untuk lebih mengimprovisasi hasil kajian awal ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 - Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:49
Last Modified: 28 Mar 2023 03:49
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item