Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Implementasi Kurikulum SMA Sains Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen

Syarifah, Syarifah (2022) Implementasi Kurikulum SMA Sains Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen. Implementasi Kurikulum SMA Sains Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen, 5 (1). pp. 240-252. ISSN 2655-0695

[img] Text (Jurnal)
Jurnal Sustainable_24 Jun 22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (474kB)
[img] Text (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (504kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum SMA Sains Plus Baitul Qur'an Boarding School Sragen, serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses implementasinya. Model penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam pembahasan ini. Data berbasis wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan analisis logika komparatif abstraksi prosedur mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan selama analisis selanjutnya. Implementasi kurikulum yang diterapkan di SMA Sains Plus Baitul Qur’an Boarding School Sragen mengkombinasikan kurikulum karakter K-13 dengan kurikulum Science Plus Baitul Qur’an yang terdiri atas Physical Science, Life Science dan beberapa program lainnya yaitu tahfidz, kajian kitab Turats, program bahasa, dan beberapa program lainnya yang dilaksanakan dalam kokurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler. Faktor penghambat dari implementasi kurikulum SMA Ssains Baitul Qur’an Boarding School Sragen yaitu kurangnya SDM guru bidang agama, luasnya materi pembelajaran, keterbatasan sumber referensi, penggunaan sumber daya teknologi yang terbatas dan pembagian waktu. Sedangkan Kelengkapan fasilitas, lingkungan belajar, dan sumber daya, serta bimbingan dan pelatihan, kegiatan olimpiade sains, dan dukungan penuh dari sekolah dan pondok pesantren, menjadi faktor pendukung pelaksanaan kurikulum tersebut.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAK Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 07 May 2023 02:30
Last Modified: 07 May 2023 02:30
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item