Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Implementasi Pembelajaran Materi PAI di Homeschooling Kak Seto Surakarta

Syarifah, Syarifah (2022) Implementasi Pembelajaran Materi PAI di Homeschooling Kak Seto Surakarta. Implementasi Pembelajaran Materi PAI di Homeschooling Kak Seto Surakarta, 7 (2). pp. 142-159. ISSN 2597-6656

[img] Text (Jurnal)
Jurnal Al-Ulya_23 Okt 22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (215kB)
[img] Text (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (257kB)

Abstract

Pola pembelajaran akademik, kurangnya kreativitas anak, kurikulum yang tidak sesuai, dan metode pembelajaran yang tidak inovatif adalah beberapa masalah yang melanda sekolah formal. Karena banyaknya permasalahan yang muncul di sekolah formal, kebanyakan orang tua menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan nonformal. Tulisan ini membahas tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam di homeschool Kak Seto Surakarta Solo dan motivasi keluarga menyelesaikan pendidikan di sana. Pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian kualitatif ini. Pakar memperoleh persepsi subjek selama wawancara yang dilakukan tanpa kehadiran pencipta, serta informasi dokumentasi dari organisasi, sebagai sumber data penelitian. Langkah pertama dalam analisis data adalah pengumpulan data, yang dilanjutkan dengan penyajian data untuk penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian ini, lembaga pendidikan homeschooler menerapkan materi pembelajaran PAI dalam dua sesi. Baik pembelajaran di kelas maupun praktik di luar akan menjadi bagian dari sesi ini. Setiap siswa memiliki berbagai masalah masa lalu yang memaksa mereka untuk membuat penyesuaian pembelajaran yang signifikan t materi PAI dibagi menjadi berbagai kelas. Orang tua memilih homeschooling ini untuk pendidikan anaknya karena berbagai alasan, antara lain bullying, broken home, pekerjaan orang tua yang sering berpindah-pindah, dan anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAK Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 08 May 2023 02:35
Last Modified: 08 May 2023 02:35
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item