Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Analisis Model Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19

Syarifah, Syarifah (2022) Analisis Model Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19. Analisis Model Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19, 19 (2). pp. 183-194. ISSN 2720-9040

[img] Text (Jurnal)
Jurnal Hikmah_30 Des 22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (699kB)
[img] Text (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (742kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengikuti perkembangan kurikulum yang telah diberikan pemerintah. Tantangan terbesar pada saat ini bukan lagi Covid-19, tetapi new normal yang membutuhkan kemampuan beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model kurikulum pasca pandemi Covid-19 dan faktor pendukung serta penghambat penerapannya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurussalam Ngawi, menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkn bahwa MI Nurussalam mengikuti amanah pemerintahuntuk memilih salah satu dari tiga opsi kurikulum yang disediakan oleh pemerintah, yakni Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat (Kurikulum 2013 yang disederhanakan), dan Kurikulum Prototipe. Dalam hal itu MI Nurussalam memilih untuk menerapkan kurikulum 2013, dengan alasan bahwa sebelum masa pandemi kurikulum tersebut sudah pernah diterapkan. Adapun faktor pendukung terimplementasinya kurikulum 2013 di masa pemulihan yakni peran guru sebagai indikator pelaksana pembelajaran, alat pelaksanaan pembelajaran online yang digunakan, metode pembelajaran yang menyenangkan. Sementara faktor penghambatnya ialah kurangnya kerjasama antar guru dan orang tua wali, kurangnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, motitivasi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran di madrasah dan di rumah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAK Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 08 May 2023 02:41
Last Modified: 08 May 2023 02:41
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2677

Actions (login required)

View Item View Item