Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Implementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menghafal Al-Qur’an

Syarifah, Syarifah (2022) Implementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menghafal Al-Qur’an. Implementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menghafal Al-Qur’an, 3 (2). pp. 141-167. ISSN 2723-388X

[img] Text (Jurnal)
Jurnal Fitrah_31 Des 22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (690kB)
[img] Text (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Fokus penelitian pada tiga hal yakni implementasi, kendala, dan capaian pembelajaran. Penelitian ini meneliti penggunaan metode Yanbu’a di SMP Techno Insan Kamil Tuban Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualiatif dengan pendekatan studi naratif. Perolehan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri dari dua yakni informan penelitian, yang memuat guru dan siswa, dan kepustakaan yang mencakup dokumen capaian belajar siswa, dan buku serta jurnal penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode ini memanfaatkan jilid berjenjang dari jilid satu hingga jilid tujuh, dan dipelajari dengan dua cara yakni visualisasi klasik dan jilid klasik, dan dengan menggabungkan dua jam instruksi mingguan. Kendala yang dihadapi dalam peerapan metode ini perbedan kemampuan siswa, kurangnya dukungan orang tua, sulitnya guru memahami dan menyampaikan materi gharib jilid enam. Capaian pembelajaran tampak pad respon positif siswa terhadap metode tersebut, dan terbukti 85 % siswa mampu membaca Al-Qur’an sekaligus menulis dan menghafalnya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAK Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 08 May 2023 02:48
Last Modified: 08 May 2023 02:48
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item