Search for collections on UNIDA Gontor Repository

KONSEP PENDIDIKAN FURUSIYAH IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KONTEMPORER

Anwar, Saiful (2023) KONSEP PENDIDIKAN FURUSIYAH IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KONTEMPORER. KONSEP PENDIDIKAN FURUSIYAH IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KONTEMPORER, 2 (2). pp. 253-264. ISSN 2962-8172

[img] Text (Jurnal)
Jurnal PAIDA_Agustus 2023.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (530kB)
[img] Text (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (576kB)

Abstract

Dalam era teknologi canggih, di mana kehidupan digital sering mendominasi aktivitas, banyak pelajar cenderung mengabaikan aspek jasmani, rohani, dan akhlak. Konsep pendidikan furusiyah memberikan alternatif yang berharga untuk mengatasi tantangan ini. Melalui pelatihan fisik dan pembentukan karakter, pendidikan saat ini dapat menciptakan generasi yang berintegritas, penuh semangat, dan siap menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan. Pendidikan furusiyah, yang diilhami oleh pemikiran Ibn Qayyim Al-Jawziyyah, merupakan pendekatan yang menitikberatkan pada pembentukan karakter yang kuat dan berakhlak mulia melalui latihan fisik, kedisiplinan, dan ketekunan. Konsep ini relevan dengan pendidikan saat ini yang juga mengakui pentingnya pembentukan karakter yang berkualitas dalam menghadapi tantangan zaman modern. Penerapan konsep furusiyah dalam kurikulum pendidikan memberikan peluang besar untuk membentuk generasi yang memiliki integritas dan keunggulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui konsep pendidikan furusiyyah menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dan Mengetahui Relevansinya dengan pendidikan saat ini. Penelitian ini dilakukan melalui metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menganalisis isi buku Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah yang berjudul "Furusiyyah Al-Muhammadiyah". Pendidikan furusiyah menempatkan latihan fisik sebagai proses pembelajaran. Melalui pelatihan fisik, murid dapat mengembangkan keterampilan, ketangkasan, serta meningkatkan kesehatan. pendekatan ini juga menekankan pada nilai-nilai seperti keberanian, kesabaran, keadilan, dan kedisiplinan, yang menjadi fondasi karakter yang kuat dan tangguh. Untuk mengimplementasikan konsep furusiyah pendidik mencari cara kreatif untuk mengintegrasikannya ke dalam kegiatan pembelajaran. Pelatihan fisik, olahraga, dan kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah yang tepat untuk mempraktikkan pendidikan furusiyah. Dengan menerapkan konsep pendidikan furusiyah, pendidikan saat ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan generasi yang kuat, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAK Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:23
Last Modified: 06 Nov 2023 06:23
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item