RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAYANAN KONSULTASI BANTUAN HUKUM PADA LEMBAGA PENGKAJIAN KONSULTAN BISNIS DAN BANTUAN HUKUM (LPKBH) AL-BAIHAQY SURABAYA

Salim, Badrus Sholeh (2020) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LAYANAN KONSULTASI BANTUAN HUKUM PADA LEMBAGA PENGKAJIAN KONSULTAN BISNIS DAN BANTUAN HUKUM (LPKBH) AL-BAIHAQY SURABAYA. Other thesis, Universitas Darussalam Gontor.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsultasi merupakan proses kerja sama dan hubungan antar pribadi untuk memecahkan suatu masalah dalam lingkup profesional dari orang yang meminta konsultasi. Hukum adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Di mana ada masyarakat, di situ ada hukum. Hukum berisikan perintah-perintah dan larangan-larangan yang mengurus tata tertib masyarakat dan harus ditaati oleh masyarakat. Hukum dijadikan pedoman untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kehidupan bermasyarakat. Konsultasi dan bantuan hukum merupakan media yang dapat digunakan oleh semua orang dalam memperjuangkan hak keadilan. Masyarakat yang tidak mampu dan awam hukum sering dihadapkan pada aturan dan bahasa hukum yang terkesan kaku dan prosedural. Dalam hal ini, masyarakat yang berpendidikan rendah dan tidak mengetahui dan menyadari hak-haknya sebagai subjek hukum. Penelitian ini dilakukan untuk membangun sistem informasi yang mempermudah layanan konsultasi dan bantuan hukum di Lembaga Pengkajian Konsultan Bisnis dan Bantuan Hukum (LPKBH) Al-Baihaqy Surabaya secara transparan dan memberikan layanan konsultasi gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Sistem berbasis web dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan kerangka kerja Codeigniter untuk mempermudah pengembangan. Penelitian menghasilkan sistem informasi layanan konsultasi bantuan hukum dengan tiga fitur layanan, yaitu konsultasi online, konsultasi tatap muka, dan penanganan hukum. Sistem dibangun atas aktivitas layanan yang dilakukan secara daring agar dapat dilakukan kapan dan di mana saja dengan mudah. Teknologi yang dikembangkan berbasis web sehingga pengguna dapat mengakses di berbagai platform. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi layanan konsultasi bantuan hukum yang memfasilitasi pengguna untuk melakukan konsultasi dengan pengacara dan untuk mendapatkan pendampingan hukum. Aplikasi diimplementasikan dan diunggah ke hosting dengan domain ruanglawyer.com. Analisis kepuasan menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan dari penilaian responden berada pada 4.43 dari skala lima yang berarti sistem informasi layanan konsultasi bantuan hukum ini memberikan kepuasan kepada pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor > Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Badrus Sholeh Salim
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:21
Last Modified: 05 Aug 2021 06:21
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item