‫‫السنة‬ ‫لطالبات‬ ‫املطالعة‬ ‫مقالة‬ ‫ضبط‬ ‫يف‬ ‫والكفاءة‬ ‫النحو‬ ‫قواعد‬ ‫استيعاب‬ ‫بني‬ ‫العالقة‬ ‫للرتبية‬ ‫الثاين‬ ‫احلرم‬ ‫للبنات‬ ‫نتور‬ ‫و‬ ‫ك‬ ‫السالم‬ ‫دار‬ ‫مبعهد‬ ‫اإلسالمية‬ ‫ات‬ ‫املعلم‬ ‫بكلية‬ ‫الرابعة‬ ‫الشرقية‬ ‫جاوى‬ ‫جناوى‬ ‫مانتنجان‬ ‫بسامبريجيو‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬

Maulida Agustiana, Baiq (2020) ‫‫السنة‬ ‫لطالبات‬ ‫املطالعة‬ ‫مقالة‬ ‫ضبط‬ ‫يف‬ ‫والكفاءة‬ ‫النحو‬ ‫قواعد‬ ‫استيعاب‬ ‫بني‬ ‫العالقة‬ ‫للرتبية‬ ‫الثاين‬ ‫احلرم‬ ‫للبنات‬ ‫نتور‬ ‫و‬ ‫ك‬ ‫السالم‬ ‫دار‬ ‫مبعهد‬ ‫اإلسالمية‬ ‫ات‬ ‫املعلم‬ ‫بكلية‬ ‫الرابعة‬ ‫الشرقية‬ ‫جاوى‬ ‫جناوى‬ ‫مانتنجان‬ ‫بسامبريجيو‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
341211401-ALL BAB.pdf

Download (7MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa pengantar yang digunakan dalam proses belajar mengajar di Pondok Modern Darussalam Gontor. Dalam memahami berbagai bentuk buku yang berbahasa Arab, diperlukan bahasa yang baik sehingga dapat memahaminya dengan baik pula. Pondok Modern Darusslam Gontor adalah salah satu lembaga yang menerapkan pembelajaran bahasa yaitu bahasa Arab dan Inggris, maka para guru menerangkan materi-materi dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Dalam kegiatan yang ada di pondok ini, salah satunya seperti ujian lisan bahasa Arab terdapat sebagian siswi kelas 4 yang belum maksimal dalam menggunakan Qoidah Nahwu yang mana telah mereka pelajari kurang lebih tiga tahun, namun masih ditemukan kesalahan-kesalahan dalam penggunaan kaidah nahwu, sehingga masih ada siswi yang belum bisa membaca maqolah tanpa harakat dengan baik. Peneliti menemukan sebagian dari mereka siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H, belum bisa memberikan harakat terhadap makalah muthala’ah tanpa harakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui ketepatan santriwati kelas 4 Kulliyat-l Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darusslam Gontor Putri tahun ajaran 1437-1438 H dalam penguasaan nahwu,(2) Kemampuan memberi harakat pada makalah muthala’ah tanpa harakat santriwati kelas 4 Kulliyat-l Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Darusslam Gontor Putri tahun ajaran 1437-1438 H, (3) Menjelaskan ada atau tidaknya hubungan antara penguasaan pelajaran nahwu dan kemampuan memberikan harakat pada makalah muthala’ah tanpa harakat bagi siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H. Penilitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif yang menjadikan siswi kelas 4 KMI Gontor Putri sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 50% yaitu 75 orang, yang ditentukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dan dokumentasi. Adapun dalam pengelolaan data menggunakan statistik dengan rumus rata-rata dan Product Moment. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Penguasaan Materi Qowa’id nahwu bagi siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 2 Tahun Ajaran 1437- 1438 H dalam kategori bagus, hal ini dilihat dari analisis menunjukkan nilai mean 7,49 dalam interval 7-10. (2) Kemampuan memberi harakat pada makalah siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H dalam kategori sedang, hal ini dilihat dari hasil analisis menunjukkan nilai mean 6,4 dalam interval 5-7. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan Qowaid Nahwu dengan kemampuan member harakat pada makalah bagi siswi kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 2 Tahun Ajaran 1437-1438 H. Hal itu terbukti dengan nilai analisis Product Moment dengan skor nilai r 0,584 dan derajat (df) = 70 pada taraf signifikan 5% = 0,232. Maka nilai r lebih besar dari pada r tabel pada taraf 5%. Oleh karena itu, hasilnya signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada Wakil Direktur Kulliyatu-L- Mua’allimat Al-Islamiyah Gontor Putri Kampus 2 dan staf pembantunya untuk lebih menerapkan metode pengajaran yang benar untuk materi Nahwu dalam pemakaiannya dalam pelajaran yang berbahasa Arab. Dan bagi pengajar Bahasa Arab untuk memberikan bimbingan lebih terhadap bahasa terutama dalam pelajaran yang berbahasa Arab. Dan peneliti berharap kepada pembahas yang akan datang untuk melengkapi dan mendalami lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 02 Nov 2020 08:03
Last Modified: 02 Nov 2020 08:24
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item