‫ّ‬ ‫الصف‬ ‫البات‬ ‫لط‬ ‫العربية‬ ‫اللغة‬ ‫تعليم‬ ‫ىف‬ ‫ا‬ ‫وهل‬ ‫وحل‬ ‫ملباشرة‬ ‫ا‬ ‫الطريقة‬ ‫تنفيذ‬ ‫مشكالت‬ ‫إندونيسيا‬ ‫الشرقية‬ ‫جاوى‬ ‫فونوروكو‬ ‫‪-‬‬ ‫جوفري‬ ‫ات‬ ‫ن‬ ‫للب‬ ‫اإلسالمي‬ ‫ة‬ ‫املود‬ ‫ّ‬ ‫مبعهد‬ ‫ه‬ ‫‪1438‬‬ ‫‪-‬‬ ‫‪1437‬‬ ‫الدراسى‬ ‫العام‬

Munir, Misbahul (2020) ‫ّ‬ ‫الصف‬ ‫البات‬ ‫لط‬ ‫العربية‬ ‫اللغة‬ ‫تعليم‬ ‫ىف‬ ‫ا‬ ‫وهل‬ ‫وحل‬ ‫ملباشرة‬ ‫ا‬ ‫الطريقة‬ ‫تنفيذ‬ ‫مشكالت‬ ‫إندونيسيا‬ ‫الشرقية‬ ‫جاوى‬ ‫فونوروكو‬ ‫‪-‬‬ ‫جوفري‬ ‫ات‬ ‫ن‬ ‫للب‬ ‫اإلسالمي‬ ‫ة‬ ‫املود‬ ‫ّ‬ ‫مبعهد‬ ‫ه‬ ‫‪1438‬‬ ‫‪-‬‬ ‫‪1437‬‬ ‫الدراسى‬ ‫العام‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
341211831-FULL SKRIPSI - MISBAHL MUNIR.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada hakikatnya bahasa merupakan sarana atau alat komunikasi untuk saling memahami sesama manusia. Begitupula di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Puteri, bahasa itu sendiri merupakan “Kuncinya Ilmu” untuk membuka berbagai ilmu pengetahuan terutama ilmu agama. Maka dalam praktik komunikasinya sehari-hari baik didalam dan diluar kelas sangat dimemerlukan metode yang efektif. Metode Langsung dianggap sangat efektif untuk menyampaikan maklumat secara mudah kepada santriwati pemula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah pelaksanaan Metode Langsung dalam pengajaran Bahasa Arab Santriwati Kelas Satu di Pondok Pesantren Al- Mawaddah Tahun Ajaran 1437-1438 H. Agar tujuan tersebut tercapai, peneliti menggunakan Metode Kualitatif untuk memperoleh data Santriwati kelas 1 dan guru serta data tentang gambaran umum MBI ( Ma’hadul Banat Al-Islamy) beserta kegiatannya, melalui metode observasi dan wawancara untuk mengetahui jalannya proses pengajaran Bahasa Arab oleh para Wali Kelas. Dari hasil penelitian tersebut, didapat bahwa metode langsung yang dipakai dalam pengajaran bahasa Arab (Durusul Lughah) santriwati kelas 1 sudah berjalan dengan baik walaupun masih sangat perlu ditingkatkan terutama dari kemampuan bahasa, kompetensi, serta kreatifitas guru itu sendiri dalam mengajar. Dan untuk para pengajar di kelas-kelas bawah agar lebih bisa menguasai dan mampu mengolah bahasa dengan baik. Sehingga, para santriwati mudah untuk menyerap materi-materi yang diberikan oleh Guru, selain harus konsisten dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan dan tidak keluar dari metode tersebut. Berdasarkan penelitian tersebut, Peneliti menyarankan kepada sebagian guru- guru Bahasa Arab kelas 1 untuk meningkatkan pendidikannya, dan meningkatkan pengajarannya dalam mengajar Bahasa Arab melalui metode langsung. Yaitu dengan mengadakan pembekalan secara intensif dan evaluasi yang teliti terhadap para pengajar Bahasa Arab agar selalu menggunakan Metode yang tepat dalam pengajaran bahasa, khususnya untuk para santriwati kelas 1 (Pemula). Selain dari pada kreatifitas guru yang harus di upgrade Peneliti juga menyarankan untuk menggunakan media teknologi pembelajaran yang menarik seperti pemutaran video maupun film-film berbahasa Arab. Sehingga, santriwati dapat dengan mudah memahami dan menguasai pelajaran dalam Bahasa Arab dengan baik. Mudah-mudahan pembahasan ini bisa bermanfa’at bagi seluruh pihak pemerhati Bahasa khususnya di PP Al-Mawaddah untuk selalu mengembangkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 02 Nov 2020 08:33
Last Modified: 02 Nov 2020 08:33
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item