HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN PELAJARAN SHORF DAN KEMAMPUAN MEMBUKA KAMUS BAHASA ARAB SISWI KELAS 5 KULIYYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1437-1438 H

Rizky Rakhmayanti, Zahrotul (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN PELAJARAN SHORF DAN KEMAMPUAN MEMBUKA KAMUS BAHASA ARAB SISWI KELAS 5 KULIYYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1437-1438 H. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
34.1.2.11387-fullskripsi-Zahrotul Rizky Rakhmayanti.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bahasa arab adalah bahasa asing yang dipelajari di sekolah – sekolah islam. Dan ilmu bahasa arab adalah ilmu dapat menjaga lisan dan tulisan dari kesalahan. Ilmu bahasa ada beberapa ilmu, diantaranya: ilmu shorf, ilmu ma’ani, ilmu kaidah nahwu, ilmu bayan, ilmu badi’ dan lain sebagainya. Dan diantara beberapa ilmu bahasa arab yang paling penting adalah imu shorf dan ilmu i’rab atau nahwu. Ilmu shorf merupakan ilmu bahasa yang penting karena imu ini mempelajari tentang bentuk-bentuk perubahan kalimat dan perubahan kalimat yang meliputi ibdal, i’lal, idgham, dan pemahaman dalam ilmu shorf dapat mencegah kesalahan dalam pemahaman bentuk-bentuk kalimat. Pemahaman tentang ilmu shorf dalam memudahkan bagi orang yang ingin mencari arti kata dalam bahasa arab di dalam kamus bahasa arab. Tujuan penelitan dalam pembahasan ini adalah untuk: 1) Mengetahui penguasaan siswi kelas 5 KMI pada pelajaran shorf, 2) Mengetahui kemampuan siswi kelas 5 KMI dalam membuka kamus bahasa arab, 3) Mengetahui adanya hubungan antara penguasaan pelajaran shorf dan kemampuan membuka kamus bahasa arab siswi kelas 5 KMI Kuliyyatul Mu’allimat Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Sambirejo Mantingan Ngawi Jawa Timur, Tahun Ajaran 1437-1438 H. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya metode dokumentasi untuk memperoleh data santriwati, dan metode tes untuk mengukur pemahaman pelajaran shorf dan kemampuan membuka kamus bahasa arab siswi kelas 5 KMI. Adapun teknik analisa yang dipakai adalah teknik analisa korelasi product moment, yang diperkuat dengan uj koefisien korelasi r. Populasi dalam penelitian adalah siswi kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 yang berjumlah 625 siswi. Dan sampel yang digunakan adalah 20% dengan jumlah 123 siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar kemampuan siswi kelas 5 KMI dalam penguasaan materi shorf adalah maqbul dengan nilai 5,44 dan standar kemampuan siswi kelas 5 KMI dalam membuka kamus bahasa arab adalah maqbul dengan nilai 6,66 dan menunjukkan adanya hubungan yang lemah antara penguasaan materi shorf dan kemampuan membuka kamus bahasa arab siswi 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 1436-1437 H. Hal ini berdasarkan hasil r product moment (rxy) = 0,375 kemudian setelah digabungkan dengan daftar significant level, ternyata nilai r terletak pada tingkat yang rendah yaitu antara 0,210-0,400. Dan hal ini dikuatkan dengan hasil kohefisien korelasi r = 0,375 yang nilainya lebih besar daripada nilai pada daftar r dengan df 5% yaitu 0,173, berarti hipotesa alternatif diterima. Berdasarkan atas hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan kepada Direktur Kuliyyatul Mu’allimat Al Islamiyah dan staf pembantunya untuk lebih meningkatkan dan menerapkan metode pengajaran yang benar untuk materi shorf dan dalam pelatihan menggunakan kamus bahasa arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 02 Nov 2020 10:09
Last Modified: 02 Nov 2020 10:09
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item