HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP HIGIENE DENGAN PERILAKU HIGIENE PERORANGAN PADA PENJAMAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSJ Prof. Dr. SOEROJO MAGELANG

Tanaiyo, Siti Nurjana Kurniaty (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP HIGIENE DENGAN PERILAKU HIGIENE PERORANGAN PADA PENJAMAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSJ Prof. Dr. SOEROJO MAGELANG. Diploma thesis, UNIDA.

[img] Text
LPP_Siti Nurjana_Gizi_UNIDA Putri.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP HIGIENE DENGAN PERILAKU HIGIENE PERORANGAN PADA PENJAMAH MAKANAN DI INSTALASI GIZI RSJ Prof. Dr. SOEROJO MAGELANG Siti Nurjana Kurniaty Tanaiyo Penyelenggaraan makanan yang higiene dan sehat menjadi prinsip dasar penyelenggaraan makanan institusi. Higiene perorangan merupakan hal penting dalam menentukan kualitas makanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap higiene penjamah makanan terhadap perilaku higiene perorangan di Instalasi Gizi RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Metodologi penelitian dengan Observasional pendekatan cross sectional. Penelitian menggunakan teknik Total Population Sampling, subjek berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian r 0,239 dengan p>0,05 tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan higiene terhadap perilaku higiene perorangan pada penjamah makanan dan tidak terdapat hubungan bermakna antara sikap higiene terhadap perilaku higiene perorangan dengan nilai r -0,069 dengan p>0,05 pada penjamah makanan di Instalasi Gizi RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Kata kunci : higiene perorangan, instalasi gizi rumah sakit, penjamah makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 02 Nov 2020 22:05
Last Modified: 02 Nov 2020 22:05
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item