PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI TAMRIN LUGHOH KELAS 1 INTENSIVE KMI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 TAHUN AJARAN :1437-1438 H

Retno Sari, Putri (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI TAMRIN LUGHOH KELAS 1 INTENSIVE KMI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 TAHUN AJARAN :1437-1438 H. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
34.1211383-fullskripsi-putri retno sari.pdf

Download (8MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa yang masih hidup dan selalu berkembang mengikuti zaman dan sudah resmi menjadi bahasa internasional yang mana menjadi salah satu bahasa resmi yang digunakan di setiap pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bahasa arab mempunyai ciri khas tersendiri daripada bahasa–bahasa lainnya. Untuk dapat menguasai bahasa arab dibutuhkan pembelajaran bahasa arab. Tujuan pembelajaran bahasa arab secara umum merupakan cara menjaga Islam dengan al-Qur’an dan assunnahnya, dan secara khusus agar para pelajar dapat mengembangkan ketrampilan mereka dalam berbahasa arab, khususnya dalam ketrampilan mendengar,berbicara, membaca dan menulis. Pendidikan bahasa arab menjadi mata pelajaran wajib bagi setiap madrasah Islam di berbagai negara. Di Indonesia, pembelajaran bahasa arab sudah menjadi kurikulum wajib bagi setiap madrasah Islam maupun pondok pesantren. Salah satu lembaga Islam yang aktif dan sudah dikenal segala kegiatannya berbahasa arab dan inggris adalah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yang berada di desa Sambirejo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tentang Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tamrin Lughoh kelas 1 intensive di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, 2)metode yang digunakan dalam pembelajaran Tamrin Lughoh yang diaplikasikan dalam kelas 1 intensive Tahun Ajaran 1437-1438 H. Penelitian ini adala penelitian lapangan yang bersifat Deskriptif. Untuk mencapai apa yang telah dijadikan tujuan sebagaimana diatas, peneliti menggunakan metode Observasi, metode Wawancara dan metode Dokumentasi dalam pengumpulan data. Kemudian penulis menggunakan Metode Miles dan Huberman untuk menarik kesimpulan dari berbagai data. Selanjutnya dengan menggunakan Metode Analisis Deskriptif, penulis menunjukkan dan mendeskripsikan data tersebut. Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwasanya: 1) Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tamrin Lughoh kelas 1 intensive di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 berasaskan kurikulum pembelajaran ilmu islam dan pembelajaran ilmu sains. 2) metode yang digunakan untuk mengimplementasikan ketrampilan menyimak pada pelajaran Tamrin Lughoh ini menggunakan metode mendengar-mengucap. Dan metode yang digunakan untuk mengimplementasikan ketrampilan berbicara pada pelajaran Tamrin Lughoh ini menggunakan metode jawab pertanyaan, metode langsung (Direct methode), metode percakapan atau muhadatsah, metode hafalan, metode , dan metode hukum ilmu. Dan metode yang digunakan untuk mengimplementasikan ketrampilan membaca pada pelajaran Tamrin Lughoh ini menggunakan metode membaca, metode kombinasi atau gabungan. sedangkan metode yang digunakan untuk mengimplementasikan ketrampilan menulis pada pelajaran Tamrin Lughoh ini menggunakan metode campuran. Akhirnya penulis sadar bahwa penelitian ini masih sangat jauh dari kesempurnaan dan berharap bagi para pembaca maupun peneliti untuk melengkapi kekurangan dalam penelitian ini sehingga menjadi sempurna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 02 Nov 2020 22:16
Last Modified: 02 Nov 2020 22:16
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item