EVALUASI TERAPI INSULIN PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS GESTASIONAL DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN PERIODE OKTOBER 2014 – OKTOBER 2017

Lestari Cahyaningsih, Ayu (2018) EVALUASI TERAPI INSULIN PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS GESTASIONAL DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN PERIODE OKTOBER 2014 – OKTOBER 2017. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Ayu l.pdf

Download (5MB)

Abstract

Diabetes mellitus gestasional merupakan penyakit diabetes yang terjadi pada ibu hamil dan sangat memerlukan perhatian oleh karena beberapa dampak yang dapat ditimbulkannya antara lain ibu berisiko tinggi terjadi penambahan berat badan berlebih, terjadi preklamsia, eklamsia, bedah sesar, dan komplikasi kardiovaskuler hingga kematian ibu. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi terapi insulin dengan meninjau karakteristik pasien dan pola penggunaan insulin pada pasien rawat inap di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten yang terdiagnosa diabetes mellitus dengan kehamilan (gestasional) serta efektifitas terapi insulin dengan pengukuran gula darah sebelum dan sesudah terapi insulin. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yang dilakukan secara retrospektif dengan melakukan pengumpulan data dari rekam medik kesehatan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten periode Oktober 2014-Oktober 2017. Populasi pada penelitian ini berjumlah 16 pasien dengan sampel penelitian yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 9 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah pasien DM Gestasional berada pada usia di atas 30 tahun, data juga menunjukkan 66,67% pasien DM Gestasional tidak bekerja, 55,56% pasien memiliki riwayat pendidikan tinggi, 88,89% pasien dirawat selama kurang dari 7 hari, 77,78% pasien mengalami DM Gestasional pada usia kehamilan trimester 3, dan 55,56% melahirkan dengan jenis persalinan secara sectio caesaria. Pola terapi insulin diberikan dengan menggunakan 3 jenis insulin, yaitu insulin kerja cepat, insulin kerja panjang, dan insulin kerja campuran. Efektivitas terapi insulin telah dievaluasi berdasarkan penurunan kadar glukosa darah sebelum dan setelah pemberian insulin. Secara statistika dapat disimpulkan bahwa terapi insulin pada pasien DM Gestasional dapat menurunkan kadar glukosa darah pasien secara signifikan. Kata kunci: diabetes mellitus gestasional, terapi insulin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Farmasi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:08
Last Modified: 03 Nov 2020 01:08
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item