Huruf Jar Dalam Ilmu Nahwu Studi Komparatif Huruf Jar Di Matan Alfiyah Ibnu Malik Dan Huruf Jar Di Matan Ajurrumiyah As-Shanhaji

Albana Mahmud, Risqi (2017) Huruf Jar Dalam Ilmu Nahwu Studi Komparatif Huruf Jar Di Matan Alfiyah Ibnu Malik Dan Huruf Jar Di Matan Ajurrumiyah As-Shanhaji. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
341211027-fullskripsi-risqi albana mahmud.pdf

Download (5MB)

Abstract

Huruf dalam Bahasa Arab merupakan salah satu komponen yang penting untuk membentuk sebuah kalimat. Secara umum, Huruf dalam Bahasa Arab tidak memiliki arti yang pasti kecuali jikalau bersandingan dengan salah satu komponen kalimat yang lain seperti Ism dan Fi’il. Ada berbagai macam Huruf dalam Bahasa Arab di antaranya adalah Huruf Jar, Huruf Athof, Huruf Nida, Huruf Istifham dan lain sebaginya. Salah satu huruf yang paling sering digunakan untuk menyusun sebuah kalimat dalam Bahasa Arab adalah Huruf Jar. Huruf Jar adalah Huruf yang apabila masuk ke dalam Ism maka harkah Ism tersebut menjadi rendah atau kasrah. Jikalau kita melihat ke pelajaran Ilmu Nahwu yang dasar, seperti Nahwu Wadhih, kita akan menemukan bahwasanya Huruf Jar berjumlah tujuh huruf. Akan tetapi sebagian Ulama menyatakan bahwasnnya Huruf Jar itu berjumlah dua puluh, ada juga sebagian yang lain menyatakan bahwa Huruf Jar berjumlah empat belas, ada pula yang menyatakan bahwasanya Huruf Jar tujuh belas. Seperti di dalam Matan Alfiyah milik Ibnu Malik, Huruf Jar dalam Matan tersebut berjumlah dua puluh. Adapun di dalam Matan Ajurrumiyyah milik As-Shanhaji, Huruf Jar dalam Matan tersebut berjumlah empat belas. Kedua Matan tersebut merupakan karya dari Ulama Bahasa yang sangat terkenal dan berkontribusi besar dalam pendidikan pesantren di Indonesia, khusunya pesantren tradisional. Dengan alasan itulah peneliti ingin mengetahui dan menelusuri lebih dalam tentang Huruf Jar yang ada di Matan Alfiyah milik Ibnu Malik dan Matan Ajurrumiyah milik As-Shanhaji. Selanjutnya akan dilakukan analisa tentang persamaan dan perbedaan antara Huruf Jar dalam kedua Matan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui Huruf Jar menurut Ibnu Malik dan Huruf Jar menurut As-Shanhaji, 2) Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan Huruf Jar antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau literature. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan Documentary Methode yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data-data tentang sejarah kehidupan tokoh penulis serta karyanya yang monumental. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode Descriptive Analysis yang digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang sudah dianalisis. Kemudian metode terakhir adalah Comparative Methode, yang mana data yang sudah terkumpul dianalisis kembali untuk mengadakan perbandingan penjelasan antara Huruf Jar di Matan Alfiyah milik Ibnu Malik dan Huruf Jar di Matan Ajurrumiyah milik As-Shanhaji sehingga diketahui persamaan dan perbedaan antara keduanya. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam, 1) Huruf Jar menurut Ibnu Malik, terdapat dua puluh Huruf Jar di dalam Matan Alfiyah, dan terdapat empat fungsi Huruf Jar di dalamnya. Adapun Huruf Jar menurut As-Shanhaji, terdapat empat belas Huruf Jar di dalam Matan Ajurrumiyah, dan terdapat dua fungsi Huruf Jar di dalamnya. 2) Persamaan dan perbedaan di antara keduanya, dari bentuk persamaan anatara keduanya dalam jumlah adalah terdapat tiga belas huruf yang sama dalam kedua matan tersebut, sedangkan bentuk perbedaan dalam jumlah adalah terdapat tujuh huruf di Matan Alfiyah yang tidak ada di Matan Ajurrumiyah. Kemudian dari bentuk persamaan dalam fungsi Huruf Jar adalah terdapat dua fungsi yang sama dalam kedua Matan tersebut, sedangkan bentuk perbedaan dalam fungsi Huruf Jar adalah terdapat dua fungsi Huruf Jar di Matan Alfiyah yang tidak ada di Matan Ajurrumiyah. Dengan kajian yang sederhana ini, penulis berharap akan ada penelitian selanjutnya secara lebih rinci dan lebih mendalam mengenai Huruf dalam Bahasa Arab, khususnya Huruf Jar. Besar harapan agar penelitian ini bermanfaat dan menjadi sumbangan yang berarti bagi ummat islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 01:37
Last Modified: 03 Nov 2020 01:37
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item