PENATAAN DAN PEMBINAAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DI SURAKARTA (Suatu Pendekatan Kuantitatif)

Pramono, Muhamad Fajar (2015) PENATAAN DAN PEMBINAAN PEDAGANG KAKI LIMA DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DI SURAKARTA (Suatu Pendekatan Kuantitatif). Wahana Akademika, 2 (1). pp. 77-94. ISSN 2527-3205

[img] Text (jurnal)
1- Jurnal Wahana, April 2015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (327kB)
[img] Text (Plagiarism)
Plagiarism Penataan dan Pembinaan.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (reviewer)
Reviewer Penataan dan Pembinaan.pdf - Published Version

Download (467kB)
Official URL: http://portalgaruda.ilkom.unsri.ac.id/index.php?re...

Abstract

Berbicara penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) bagaikan benang kusut dan bahkan selalu saja ada perlawanan. Peristiwa semacam ini terjadi dihampir seluruh daerah di Indonesia. Berbeda di Surakarta mereka dengan sukarela berpindah ke lokasi yang telah disiapkan oleh Pemerintah. Tujuan yang diharapkan penelitian ini untuk mengetahui respon PKL terhadap proses penataan dan pembinaan PKL yang dilakukan oleh Pemkot Surakarta, terutama pada masa Joko Widodo-Rudy (20052012), sehingga bisa dilakukan secara damai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei-eksplanasi. Untuk menganalisis faktor komunikasi interpersonal dan faktor gaya kepemimpinan demokratis Pemkot Surakarta terhadap efektivitas komunikasi dengan menggunakan analisis regresi ganda (multiple regression analysis). Sampelnya sebanyak sebanyak 243 responden dengan menggunakan systematic random sampling. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, bahwa keberhasilan proses penataan dan pembinaan PKL di Surakarta dalam penilaian PKL tidak hanya dalam konteks proses, tetapi juga dalam arti hasilnya. Kedua, hasil penelitian menunjukkan faktor komunikasi interpersonal dan faktor gaya kepemimpinan demokratis secara bersama-sama berpengaruh secara nyata (signifikan) terhadap efektivitas komunikasi Pemkot Surakarta dalam proses penataan dan pembinaan PKL. Namun jika kedua faktor tersebut dilihat secara sendiri-sendiri bahwa penelitian menunjukkan bahwa faktor gaya kepemimpinan demokratis Pemkot Surakarta memberi kontribusi lebih besar daripada faktor komunikasi interpersonal terhadap efektivitas komunikasi Pemkot Surakarta. Ketiga, hasil penelitian menujukkan bahwa efektivitas komunikasi dengan produktivitas Pembangunan Pemkot Surakarta menunjukan hubungan positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pembangunan, Penataan dan Pembinaan PKL dan pemerintahan Kota Surakarta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Dr. Muhamad Fajar Pramono, M.Si
Date Deposited: 01 Jan 2020 02:54
Last Modified: 12 Jan 2020 02:49
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item