PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 PERIODE 1437-1438

Fazl Rahman Anshori, M (2017) PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 2 PERIODE 1437-1438. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
watermak_Muhammad_fazl_fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Krisis kepemimpinan menjadi permasalahan utama bangsa Indonesia pada saat ini, hal ini ditandai dengan semakin berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap para pemimpin-pemimpin negeri ini, hal ini dapat terlihat dengan berbagai kasus korupsi yang terjadi serta protes dan demo yang terjadi baik secara langsung maupun lewat media social. Krisis pemimpin ini bukan disebabkan tidak adanya orang yang ingin memimpin tetapi kreadibilitas mereka yang belum mumpuni untuk menjadi pemimpin yang baik dan mampu dicontoh oleh masyarakatnya disinilah kualitas pendidikan Indonesia dipertanyakan, apakah pendidikan yang ada belum mampu untuk melahirkan pemimpin yang ideal. Melihat pentingnya peran seorang pemimpin ini maka penulis berusaha untuk meneliti pendidikan yang ada khususnya pendidikan kepemimpinan yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Untuk itu penulis memfokuskan penelitiannya dengan judul “Pendidikan Kepemimpinan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Peroode 1437-1438”. Adapun metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif. Dan untuk mencapai hasil tersebut peneliti menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Serta penulis menggunakan metode miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan konklusi, untuk mengalisa data tersebut. Setelah melakukan penelitian tentang pendidikan kepemimpinan ini, peneliti menemukan bahwa kegiatan yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 telah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah menjadi definisi pendidikan nasional. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa terdapat banyak kegiatan dan aktivitas dalam klub-klub kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki dampak penting dalam pendidikan kepemimpinan bagi para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Proses pendidikan tersebut adalah penanaman dasar iman dan moral, berkomunikasi, penigkatan kemampuan, latihan memimpin dan mencetak pemimpin, pemberian tugas serta pemberian contoh yang baik walaupun dengan beberapa kekurangan di dalamnya. Semua itu sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Thoriq Suwaidan, Brata Taruna dan juga M Natsir. Dari penelitian ini penulis berpendapat bahwa pendidikan kepemimpinan sangat mungkin untuk dikembangkan dan dioptimalkan terutama lewat kegiatan-kegiatan sehari-hari yang dilakukan para siswa. Untuk itu peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan pembahasan yang lebih mendalam tentan pendidikan kepemimpinan khususnya, baik di lingkungan rumah, sekolah maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:32
Last Modified: 03 Nov 2020 02:32
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item