التقييمفي مادة التربية الإسلامية للفصل السابع في المدرسة الثانوية الحكومية الثانيةبسوقاريجوفونوروكو

Almunbaits, Mumammad (2017) التقييمفي مادة التربية الإسلامية للفصل السابع في المدرسة الثانوية الحكومية الثانيةبسوقاريجوفونوروكو. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
341110987-fullskripsi-Almunbaits.pdf

Download (9MB)

Abstract

Muhaimin berpendapatbahwa pendidikan agama Islam bermakna upayamengajarkan agama Islam atau ajaran Islam dannilai-nilainya agar menjadi pandangan dan sikaphidup seseorang. Dari aktivitas mendidikkan agama Islam itu bertujuan untuk membantu seseorang atau sekelompok anak didik dalam menanamkan dan menumbuh kembangkan ajaran Islam dan nilai-nilainya untuk dijadikan sebagai pandangan hidupnya. Tolak ukur hasil pendidikan dapat diketahui dengan adanya evaluasi, karenanya evaluasi merupakan aspek yang sangat penting dalam pendidikan atau bisa dikatakan juga kegiatan yang tidak mungkin dielakan dalam proses pembelajaran. Di dalam pembelajaran itu ada tiga hubungan erat atau sering kita dengar istilah Triangulasi yaitu antara kegiatan pembelajaran, tujuan pembelajaran dan kegiatan evaluasi. Dalam kegiatan pendidikan, evaluasi itu sering digunakan karena dalam satu periode atau kegiatan itu perlu mengetahui hasil atau prestasi yang sudah dicapai, baik oleh pihak guru atau siswa atau bahkan orang tua siswa. Terlihat jelas bahwa evaluasi merupakan salah satu dari 3 aspek terpenting dalam pembelajaran.Masalah yang sering terjadi pada evaluasi kebanyakan hanya menilai hanya dari satu sisi yaitu sisi kognitif tanpa memandang sisi afektif dan psikomotorik.Tujuanpenelitianini ialah: (1) Mendeskripsikan perencanaan evaluasi pembelajaran materi pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 2 Sukorejo Ponorogo, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan evalusai pembelajaran materi pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 2 Sukorejo Ponorogo, (3)Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat evaluasi pembelajaran materi pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 2 Sukorejo Ponorogo.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan jenis kualitatif dan melakukan studi kasus untuk mengetahui evaluasi pembelajaranmateri pendidikan agama Islamkelas VII di SMPN 2 Sukorejo Ponorogo. Untuk mengumpulkan data, penulis akan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data selama dilapangan model Milesdan Huberman yang terdiri dari bagian diantaranyadata reduction, data display dan Conclusion drawing/verification.Dari analisis data dihasilkanbahwa:perencanaan evaluasi dalam materi PAI kelas VII di SMPN 2 Sukorejo Ponorogo, dalam aspek kognitif sudah cukup baik tetapi dibagian afektif dan psikomotorik masih kurang. pelaksanaan evaluasi kognitif sudah baik tetapi dalam aspek afektif dan psikomotorik masih kurang karena kurangnya perencanaan dan guru tidak memiliki catatan khusus untuk kedua aspek ini.yang menjadi faktor pendukung adalah guru mereka sadar bahwa mereka menjadi contoh pagi para siswa dan ditambah lagi dengan kegiatan-kegiatan agama yang mendukung perkembangan siswa dalam bidang keagamaan.aktor penghambatnya adalah rumah dan lingkungan, kurang sadarnya para orang tua dan masyarkat dalam mengawasi tingka laku dan perbuatan siswa ketika berada dirumah dan lingkungan.Dengan adanya penelitian ini diharapkan kepada sekolah memperbaiki proses evaluasi khusunya dalam materi PAI sampai tercakup 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dan untuk guru pelaksanaan evaluasi materi PAI hendaknya dengan cara dan metode yang tepat dan alangkah lebih baik guru memiliki catatan khusus untuk evaluasi pada ranah afektif dan psikomotorik. Dan kepadapeneliti selanjutnya untuk menjadi acuan penulisan dan agar meneliti lebih dalam lagi dengan cara dan metode yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:38
Last Modified: 03 Nov 2020 06:38
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item