Problematika Belajar Bahasa Arab Siswa dan Usaha Guru Dalam Memberikan Solusinya Di Al-Fityan Boarding School Kubu Raya Kalimantan Barat Tahun Ajaran 2017-2018

Maghfiroh, . (2018) Problematika Belajar Bahasa Arab Siswa dan Usaha Guru Dalam Memberikan Solusinya Di Al-Fityan Boarding School Kubu Raya Kalimantan Barat Tahun Ajaran 2017-2018. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
maghfiroh watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar guru adalah tokoh utama yang ada di dalamnya, dan berperan sebagai pengajar. Guru bukanlah hanya sekedar mengajar sesuai dengan bidangnya masing-masing, tetapi guru juga yang akan menentukan keberhasilan siswa. Problematika belajar yang terjadi pada siswa pasti tidak terhindarkan dalam kegiatan belajar mengajar, maka guru yang berperan sebagai pendidik harus bisa memberikan solusi dalam menyelesaikan problematika belajar siswa khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Adapun tujuan dari pembahasan ini adalah: (1) Untuk mengetahui problematika siswa dalam belajar Bahasa Arab di Al-Fityan Boarding School Kubu Raya tahun ajaran 2017-2018 M (2) Untuk mengetahui usaha guru dalam memberikan solusi dari permasalahan belajar Bahasa Arab siswa di Al-Fityan Boarding School Kubu Raya tahun ajaran 2017-2018 M. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Wawancara, untuk mendapatkan data tentang guru dalam usahanya dalam memberikan solusi pada siswa untuk mempelajari Bahasa Arab dan apa saja problematika siswa dalam mempelajari Bahasa Arab serta untuk mengetahui sejarah dan cikal bakal sekolah (2) Observasi, untuk melihat keadaan sekolah, asrama, lingkungan, kegiatan dan beberapa peran guru terhadap siswa dalam memotivasinya mempelajari Bahasa Arab. (3) Dokumentasi, untuk mendapatkan data-data tentang gambaran pondok secara umum. Sedangkan analisis datanya adalah analisis data model Miles & Huberman yang mencakup tiga langkah dalam penelitian yaitu: Reduksi data, Penyajian data dan kesimpulan. Dari data yang telah dianalisa telah ditemukan bahwasanya: (1) Problematika belajar Bahasa Arab siswa disebabkan faktor sebagai berikut: a) Siswa belum mengetahui pelajaran Bahasa Arab dikarenakan di sekolah mereka sebelumnya tidak mempelajari Bahasa Arab b) Kurangnya penanaman dasar pada diri siswa dalam mempelajari belajar Bahasa Arab sejak awal mereka masuk sekolah c) Kurangnya kegiatan yang menunjang perkembangan Bahasa Arab dan memotivasi siswa dalam berbahasa Arab d) Kurangnya kepercayaan diri mereka dalam berbahasa Arab. (2) Usaha guru dalam memberikan solusi dalam menyelesaikan problem tersebut adalah: a) Membuat belajar Bahasa Arab menjadi lebih asik dan tidak membosankan bagi siswa b) Membuat kurikulum Bahasa Arab mengenai kosakata sehari-hari c) Menentukan hari wajib berbahasa Arab setiap minggunya d) menekankan disiplin berbahasa Arab bagi siswa untuk memotivasi siswa dalam berbahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak yang berkaitan dangan siswa, khususnya guru Bahasa Arab untuk memperhatikan motivasi siswa dalam berbahasa Arab. Serta memerankan dan memfungsikan masing-masing sesuai peran dan fungsinya, sehingga siswa termotivasi dalam belajar Bahasa Arab dan dapat menerapkan Bahasa Arab dalam kehidupan siswa sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:31
Last Modified: 03 Nov 2020 08:31
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item