غرس روح القيادة بواسطة الحركة الكشفية لطالبات الفصل الرابع والثالث التكثيفي بمعهد دارالسلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثةالعام 6102-6102م

Nurhaedha, Hanifah (2017) غرس روح القيادة بواسطة الحركة الكشفية لطالبات الفصل الرابع والثالث التكثيفي بمعهد دارالسلام كونتور للبنات الأول للتربية الإسلامية الحديثةالعام 6102-6102م. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
341111349-syamil dari cover.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemimpin adalah panutan umat, pendidikan kepemimpinan dirasa penting untuk ditanamkan kepada anak sejak dini, untuk melatih mental dan memperkuat kepribadian anak,dan sejak berdirinya Pondok Modern Darussalam Gontor telah mewajibkan seluruh santrinya untuk mengikuti kepanduan, Kegiatan kepramukaan yang berlangsung di Pondok Modern Gontor diangap pentingsebagai sarana pendidikan kepribadian, sikap dan mental para santri dalam hidup bermasyarakat. Seperti syiar yang dikatakan oleh AL Ustadz KH Abdullah Syukri Zarkasyi untuk mempersiapkan diri menjadi pandu. Dan Gontor dengan sistemkaderisasi dan Penugasannya, maka santri membutuhkan penanaman jiwa kepemimpinan untuk memperkuat jasmani dan ruhaninyasalah satunya melalui kegiatan kepramukaan.Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui makna Kepemimpinandalam kegiatan kepramukaan di Pondok Modern darussalam Gontor Putri Kampus 1, 2) Untuk mengetahui Bagaimana penanaman jiwa kepemimpinan dalam kegiatan kepramukaan untuk kelas 4 dan 3 intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman jiwa kepemimpinan dalam kegiatan kepramukaan untuk kelas 4 dan 3 intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 tahun 2016-2017.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, Peneliti menggunakan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dan dengan menggunakan analisis Miles and Hubberman untuk menganalisis data yang didapat. Analisis ini mengunakan 3 langkah dalam mnyimpulkan datanya yaitu dengan 1) Reduksi Data, dengan memilih hal hal yang pokok dan memfokuskannya, 2) Display Data atau penyajian Data, 3) Kesimpulan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan didalam kegiatan kepramukaan merupakan suatu kegiatan kepemimpinan berorientasi pada tazkiyatun nafsidan tarqiyatu ruh munafasah assolihah. 2) Pelaksanaan kegiatan penanaman kepemimpinan dalam kegiatan pramuka untuk kelas 4 dan 3 intensif, didorong dengan beberapa kegiatan yang senantiasa merangsang santri untuk meningkatkan diri, baik dari system among, paradana, pratama, untuk salingbisa menyentuh dan tasabuq fil khoirat. 3) Adapun Faktor Pendukung dalam kegiatan penanaman jiwa kepemimpinan adalah terciptanya ruh pemimpin dalam jiwa santri, dan terciptanya persatuan dan ruh fanatik untuk memajukan dirinya ataupun kelompoknya. Adapun faktor penghambat dalam penanaman jiwa kepemimpinan ini adalah Kurangnya sentuhan Pembina dalam mengajarkan sertamenanamkan nilai nilai kepemimpinan dalam diri santri. Berdasarkan penelitian ini, menyarankan kepada Majlis pembimbing Koordinator Harian dan Majlis pembimbing Koordinator Guusdepan Gerakan Pramuka untuk terus untuk tetap melakukan pemerataan kepernahan agar tumbuh jiwa jiwa pemimpinbaru, dan kepada Pembina gugusdepan untuk lebih menyentuh jiwa andika Darussalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:51
Last Modified: 03 Nov 2020 08:51
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item