Pengaruh Pengelolaan Tanah Wakaf Melalui Akad Muzara’ah Terhadap Kesejahteraan Pekerja (Studi Kasus di Tanah Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor di Mantingan Ngawi 2017)

Arsyadanil Haq, Maula (2018) Pengaruh Pengelolaan Tanah Wakaf Melalui Akad Muzara’ah Terhadap Kesejahteraan Pekerja (Studi Kasus di Tanah Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor di Mantingan Ngawi 2017). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
maulana Fix watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wakaf merupakan salah satu instrument dalam ekonomi Islam yang dapat mengembangkan ekonomi dan kesejahteraan umat, akan tetapi mayoritas wakaf di Indonesia masih berbentuk benda mati dan belum dikelola secara produktif, sehingga pengaruh wakaf terhadap kelangsungan ekonomi umat masih belum terlihat dampaknya. Pengelolaan wakaf secara produktif dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan akad muzara’ah. Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) adalah lembaga pendidikan yang berstatus wakaf. Tanah wakaf pertanian (sawah) yang berada di Mantingan Ngawi dikelola dengan system bagi hasil (Akad Muzara’ah), bekerjasama dengan masyarakat sekitar pondok, sehingga petani penggarap mendapat kemaslahatan dan kesejahteraan dari pengelolaan tanah wakaf yang produktif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengelolaan tanah wakaf melalui akad muzara’ah terhadap kesejahteraan pekerja (petani penggarap). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan data primer dari 78 responden dan data sekunder. Data primer diperoleh melaui wawancara dan jawaban kuisoner yang sudah disampaikan ke para petani di Mantingan Ngawi. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber yaitu instansi terkait. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui bukti tertulis, wawancara, dan angket yang disampaikan ke petani penggarap. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier dan uji asumsi klasik. Variabel Independenya adalah pengelolaan tanah wakaf melalui akad muzara’ah sedangkan variable dependenya adalah kesejahteraan petani penggarap. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil uji r square bernilai 0,148 hal ini berarti variable independen berpengaruh terhadap variable dependen sebesar 14.8% sedangkan 85.2% dipengaruhi variable lain. Dari uji f diperoleh nilai probalilitas (Sig.) sebesar 0,001 yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas (Sig.) lebih kecil dari 0,05 sehingga variable independen berpengaruh terhadap variable dependen. Dan Uji t menunjukkan bahwasannya variable independen secara parsial berpengaruh terhadap variable dependen. Dari hasil beberapa uji diatas dapat disimpulkan bahwa pengelolaan tanah wakaf melalui akad muzara’ah sebagai variable independen berpengaruh terhadap kesejahteraan para petani penggarap sebagai variable dependen. Penelitian ini jauh dari sempurna. Maka,untuk masukan dan evaluasinya sangat kami harapkan. Kata Kunci: Pengelolaan Wakaf, Akad Muzara’ah, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 08:52
Last Modified: 03 Nov 2020 08:52
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item