لطالباتالسنة الخامسة السلام كونتور للبنات الحرم الثانيهــــــ٣٤.١.١.١١٣٦٤ثير مفهوم الذات على Ϧدافعية الإنجاز الأكاديميلطالباتبكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دارالسلام كونتور للبنات الحرم الثانيالعام الدراسي ١٤٣٧-١٤٣٨

Lutfiana, Izza (2017) لطالباتالسنة الخامسة السلام كونتور للبنات الحرم الثانيهــــــ٣٤.١.١.١١٣٦٤ثير مفهوم الذات على Ϧدافعية الإنجاز الأكاديميلطالباتبكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دارالسلام كونتور للبنات الحرم الثانيالعام الدراسي ١٤٣٧-١٤٣٨. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
341111364-izza lutfiana.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, setiap santriwati diharapkan dapat memperolah prestasi yang maksimal. Demi mencapai prestasi yang didambakan tersebut santriwati membutuhkan motivasi berprestasi yaitu salah satu pendorong terhadap munculnya kesemangatan dalam mencapai prestasi. Namun dalam perkembangannya, terkadang santriwati mengalami hambatan sehingga mereka menjadi kurang bersemangat di beberpapa kegiatan terutama kegiatan akademik. Hal inilah yang dialami oleh kalangan santriwati kelas 5 KMI Gontor Putri Kampus 2. Adapun Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi akademik santriwati adalah konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi tentang dirinya sendiri dan pemahaman penuh individu tentang semua aspek pribadi baik fisik, emosional, mental dan intelektual. Konsep diri mempunyai peranan penting dalam menentukan perilaku individu termasuk motivasi. Salah satu tahapan utama dalam perkembangan konsep diri adalah masa remaja. Masa remaja disebut masa krisis identitas dikatakan demikian karena masa ini remaja sedang berusaha mencari identitas diri mereka. Berdasarkan pemikiran di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep diri santriwati kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2(2) mengetahui motivasi berprestasi akademik santriwati kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 2, (3) mengetahui eksistensi pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi akademik santriwati kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Periode: 1437-1438 H. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, tekhnik pengambilan sampel menggunakan teori Isaac and Michael dengan kesalahan generalisasi sebesar 5% sehingga sampel yang digunakan peneliti berjumlah 127 santriwati kelas 5 KMI dari populasi sejumlah 196 santriwati dengan tehnik stratified random sampling. Data penelitian didapatkan dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana untuk membuktikan pengaruh antara variabel X dan variabel Y dengan program SPSS. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) tingkat konsep diri santriwati kelas 5 KMI masuk kategori sedang dengan rata-rata sebesar 54,575 yang berada pada rentangan 41-60. (2) tingkat motivasi berprestasi akademik santriwati kelas 5 KMI masuk kategori sedang dengan rata-rata sebesar 49,213 yang berada pada rentangan 37-54. (3) terdapat pengaruh antara konsep diri terhadap motivasi berprestasi akademik santriwati kelas 5 KMI Gontor Putri kampus 2 karena nilai t hitung > t tabel (3,757> 1,976) maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapat pengaruh secara signifikan (0,000<0,001) dengan besar pengaruh 10,1% antara konsep diri dengan motivasi berprestasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti berharap kepada: (1) segenap pihak yang terkait dengan mobilitas pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 2: para Guru, wali kelas, pembimbing kamar, dan rayon untuk memberikan perhatian yang lebih dan meningkatkan usahanya dalam mendidik anak-anak, khusunya untuk meningkatkan konsep diri dan motivasi berprestasi akademik mereka (2) seluruh santriwati kelas 5 untuk mulai memahami dirinya sendiri dan agar bangga dengan kelebihannya dan tidak malu dengan kekurangan yang dimilikinya dengan demikian akan terbentuk pada diri mereka konsep diri yang positive karena setiap konsep diri mereka meningkat meningkat pula motivasi berprestasi akademik mereka, (3) peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti masalah ini lebih dalam dan lebih teliti dari apa yang telah ditulis oleh peneliti saat in

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 09:05
Last Modified: 03 Nov 2020 09:05
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item