تنشيط االسرتاتيجية التعليمية العاطفية يف تكوين شخصية التالميذ مبعهد دار السالم، بكاسى، جاوى الغربية السنة الدراسية: 2017-2018 م

Iffat Rodifah, Emira (2018) تنشيط االسرتاتيجية التعليمية العاطفية يف تكوين شخصية التالميذ مبعهد دار السالم، بكاسى، جاوى الغربية السنة الدراسية: 2017-2018 م. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
LPP_Emira Iffat Rodifah_PAI8_Mantingan_Fix_Halaman Kosong 5.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pondok Modem Darussalam Bekasi, merupakan salah satu lembaga yang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat dalam pendidikan keagamaannya. Dalam pembelajarannya 3 ranah yang harus dipenuhi demi tercapai hasil yang ideal adalah dan kognitif, afektif, dan psticomotorik. Karna ketiganya saling menguatkan. Adapun guru adalah mereka dengan pemikirannya untuk mengembangkan keutamaan agama dan peradaban. Maka butuh adanya upaya revitalisasi demi mengembalikan pembelajaran afekti f sebngai bentuk usaha dalam pembentukan karakter. Tujuan pene I it ian Int adalah I ) untuk mengetahui apa sajakah langkah-langkah usaha para guru dengan strategi pembelajaran afektif demi adanya pembentukan karakter siswa. 2) untuk mengetahui fsktor pendukung dan pengahambat dalan hal revitalisasi strategi pembelajaran afektif ini. Penelitian ini bersifat Deskriptif, Kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan adalah I ) teknik observasi, untuk memantau pelaksanaan dan langicah tentang penerapan strategi pembelajaran afektifdalam pembelajaran, 2) wawancara, untuk menanyakan tentang beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam revitalisasi strategi pembelajaran afektiT, 3) teknik dokumenter, untuk mendapatkan data-data terkait sekolah dan gambaran tentang pondok pesantren darussalam, Bekasi. Sedangkan analists datanya menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang mencangkup tigafangkah yaitu deskriptif, analisis dan intisari. Dari analisis yang dilakukan ditemukan bahwa: I) langkah-langkah guru dalam revitalisasi strategi pembelajaran afektif mencangkup dalam penerapan 3 langkah demi tercapat tuwannya :(a)pengetahuan guru terhadap karakter murid, (b) menjadikan murid mencintat materi pelajarant (c) menjadikan murid tertarik pada pengamalan. Faktor pendukung revitaltsast strategi pembelajaran afektifdalam pembentukan karakter siswa Darussalam, Bekast yaltu (a) pembiasaan literasi, (b) penerapan sistem penghargaan dan hukuman, (c) melalui pendekatan personal dan kekelhargaan, (d) penambahan media pembelaiaran. Adapun faktor penghambatnya adalah (a) kurangnya sarana prasarana, (b) kurang menguasal materi, (c) kurangnya batasan komunikasi antara guru luar dan guru dalam, (d) kurangnya figur yang kompeten yang dapat dijadikan uswah. Pada alchimya, penulis menyarankan kepada guru agar memahami betul tentang pekeuaannya sebagai guru, mengemban amanah dengan ikhlas agar meniadi Jariyah sholihah kelak, dan terus memperhatikan dalam pembentukan karakter stswa, serta memberikan bimbingan dan motivasi dalam revitalisasi strategi pembelajaran afektif di Darussalam,Bekasi. Penulis menyadari bahwa penelitian ini sangat terbatas, dan dibutuhkan penelitian yang lebih luas lagi dalam tema ini dan harapan selanjutnya agar peneliti selanjutnya mampu memperluas pembahasan tentang revitaltsai strategi pembelajaran afektif sehingga pola fikir, sikap dan tingkah laku siswa membaik dan tercipta para generasi yang ideal, beralchlak mulia, Amin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 09:43
Last Modified: 03 Nov 2020 09:43
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item