PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK SMARTPHONE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 6, MAGELANG)

Arif, Fadly (2018) PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK SMARTPHONE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 6, MAGELANG). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Watermark_LPP_ Fadly_EI8_Magelang_FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam keadaan persaingan usaha yang semakin maju pada saat ini, perusahaan perlu menciptakan hal-hal yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen dalam pembelian produk, salah satunya dengan menyesuaikan harga serta mengangkat citra merek produk mereka. Dalam islam, konsumsi berlebihan disebut dengan istilah israf (pemborosan) atau tabzir (Menghambur-hamburkan harta tanpa kegunaan). Sebagai konsumen sekaligus mahasiswa ekonomi islam, teliti sebelum membeli sebuah produk adalah hal yang sangat penting, khususnya bagi mahasiswa UNIDA Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra merek Smartphone terhadap keputusan pembelian konsumen muslim, dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Unida Kampus Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari kuesioner dengan jumlah sampel 67 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya harga dan citra merek Smartphone mempengaruhi keputusan pembelian konsumen muslim, dengan nilai t hitung 2.006 untuk harga, 5.900 untuk citra merek. Berdasarkan nilai tersebut, diketahui bahwa citra merek lebih signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen muslim dari pada harga. Dan besar pengaruh harga dan citra merek Smartphone terhadap keputusan pembelian konsumen muslim adalah sebesar 52,2%, dan sebanyak 47,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Salah satu keterbatasan dalam penelitian ini adalah independen variabel hanya terdiri dari dua variabel, maka disarankan bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan topik yang sama untuk menambahkan variabel independen lain seperti promosi atau kualitas barang. Kata kunci: Harga, Citra merek, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 13:19
Last Modified: 03 Nov 2020 13:19
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item