تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم كتاب دروس اللغة العربية الجزء الثاني لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة الثانوية المحمدية الثالثة جيتيس فونوروكوم2018-2017العام الدراسي :

Kurnianto, Aan (2018) تنفيذ الطريقة المباشرة في تعليم كتاب دروس اللغة العربية الجزء الثاني لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة الثانوية المحمدية الثالثة جيتيس فونوروكوم2018-2017العام الدراسي :. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
aan fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di Indonesia terdapat banyak sekolah yang mengajarkan pembelajaran bahasa arab, salah satunya adalah SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo. Di sekolah ini terdapat sistem boarding school yang mana seluruh siswa dan sebagian guru menetap dilingkungan sekolah. Sistem ini memiliki perbedaan dalam pembelajaran bahasa arab yang jarang di jumpai di sekolah-sekolah umum khususnya di Ponorogo, yang kebanyakan mengikuti kurikulum pemerintah dan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode tarjamah. Di Sekolah ini, guru menggunakan metode langsung dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab baik di kelas maupun di luar kelas. Metode langsung adalah suatu cara penyajian materi pelajaran bahasa asing dimana guru langsung menggunakan bahasa asing tersebut sebagai bahasa pengantar, metode ini tidak mudah untuk diterapkan di sekolah umum karena untuk menerapkan metode ini para siswa dan guru tidak diperbolehkan menggunakan bahasa ibu.Dari masalah-masalah tersebut, peneliti ingin meneliti penerapan metode langsung dalam pembelajaran kitab durusullughoh, adapun kelas yang akan diteliti adalah siswa kelas VIII, karena siswa kelas ini memiliki kemampuan berbahasa arab lebih baik dibandingkan siswa kelas VII yang baru mulai mempelajari bahasa arab. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti adalah sebab, tujuan, langkah-langkah dan masalah dalam penerapan metode langsung dalam pembelajaran kitab durusullughoh bagi siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang mana menggambarkan penerapan metode langsung dalam pembelajaran kitab durusullughoh jilid dua bagi siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo. Sumber penelitian ini diperoleh dari data-data, dokumentasi, buku-buku dan makalah yang berkenaan dengan judul peneliti. sedangkan metode yang digunakan peneliti adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi tentang SMP Muhammadiyah 3 Jetis Ponorogo.Dan dalam pembahasan ini hasil analisa yang didapat peneliti adalah: Sebab utama dipilihnya metode langsung dalam pembelajaran kitab durusullugoh jilid dua karena: 1. Metode ini efektif dalam mengajarkan kitab durusullugoh kepada siswa, 2. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara, 3. Membiasakan siswa untuk berbicara bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian langkah-langkah pembelajaran kitab durusullugoh di sekolah ini dari awal masuk hingga keluar kelas sesuai dengan teori yang ada dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun tujuan utama penggunaan metode ini adalah: 1. Supaya siswa-siswi di sekolah ini terbiasa berbicara bahasa arab, 2. Menambah pembendaharaan kosa kata siswa, 3. Meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa arab. Dan masalah yang dihadapi guru diantaranya yaitu: 1. Sebagian siswa kurang memiliki pembendaharaan kosakata bahasa arab, sehingga siswa susah untuk memahami bahasa guru dan materi durusullughoh jilid dua, 2. Siswa banyak yang mengantuk dan kelelahan ketika pembelajaran dikelas dikarenakan jam pelajaran durusullughoh dilaksanakan pada siang hari.Demikian hasil akhir dari penelitian yang sederhana ini, penulis menyadari adanya banyak kekurangan dan jauhnya dari kesempurnaan. Besar harapan penulis akan adanya peneliti yang membahas lebih dalam lagi tentang penerapan metode langsung dalam pembelajaran kitab durusullugoh agar penelitian selanjutnya menjadi lebih baik. Besar harapan agar penelitian ini bisa bermanfaat dan menjadi sumbangan keilmuan bagi umat islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 13:25
Last Modified: 03 Nov 2020 13:25
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item