PENGARUH DISTRIBUSI DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TAHUN 2013-2017 (Studi Kasus di BAZNAS Kota Yogyakarta)

Maryam Naimah, Fairuz (2018) PENGARUH DISTRIBUSI DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TAHUN 2013-2017 (Studi Kasus di BAZNAS Kota Yogyakarta). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
WATERMAK_SKRIPSI_FAIRUZ_M_hd_FIX.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kemiskinan yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh distribusi harta kekayaan yang tidak adil. Salah satu solusi dalam mengatasi masalah yaitu dengan menghimpun dana zakat agar sirkulasi harta kekayaan merata. Dana zakat yang didistribusikan tidak hanya bersifat konsumtif tetapi juga harus produktif agar para mustahiq dapat hidup mandiri dan tidak selalu bergantung pada bantuan orang lain. Pendayagunaan zakat produktif tersebut sangat tepat apabila diberikan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Namun, UMKM memiliki masalah utama yaitu kurangnya modal usaha. Salah satu jalan keluar dalam hal ini adalah dengan pemberdayaan UMKM melalui zakat produktif. Oleh karena itu, peneliti akan meneliti tentang Pengaruh Distribusi Zakat Produktif dalam Pemberdayaan UMKM di Yogyakarta periode 2013-2017 (Studi Kasus di BAZNAS Kota Yogyakarta). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme distribusi zakat produktif di BAZNAS Kota Yogyakarta dan pengaruh distribusi zakat produktif dalam pemberdayaan UMKM di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancana, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 mustahiq dan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling sehingga sampelnya berjumlah 51 responden. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui mekanisme distribusi zakat produktif di BAZNAS Kota Yogyakarta. Metode analisis regresi linear sederhana dengan uji t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi untuk mengetahui pengaruh, kuatnya hubungan, dan besar pengaruh distribusi zakat produktif (X) terhadap pemberdayaan UMKM secara materi (Y1) pemberdayaan UMKM secara non-materi (Y2). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa distribusi zakat produktif di BAZNAS Kota Yogyakarta melalui program “Yogya Sejahtera” yang di dalamnya terdapat pengawasan dan pembinaan dalam pengelolaan usaha mustahiq. Bentuk pemberdayaan yang dilakukan BAZNAS pada tahun 2013-2017 yaitu pemberian modal usaha kepada mustahiq namun ada perbedaan bentuk usaha dan bentuk pembinaan pada tiap tahunnya. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa zakat produktif berpengaruh positif yang sangat kuat dan signifikan terhadap pemberdayaan UMKM secara materi dan pemberdayaan UMKM secara non-materi. Beberapa saran dalam penyaluran dana zakat produktif disalurkan kepada mustahiq yang berpotensi besar dalam menjalan program tersebut dan diberikan pembinaan yang lebih intensif serta mengoptimalkan pemberdayaan ekonomi dan spiritual agar mustahiq dapat lebih mandiri dalam pemenuhan kebutuhanya dan mensyukuri apa yang mereka miliki. Kata kunci: Zakat Produktif, Pemberdayaan, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 13:32
Last Modified: 03 Nov 2020 13:32
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item