آثار عوامل تدين التجار في سلوك التجارة الإسلاميةّ

Yuqdha Ada’uddin, Abdullah (2018) آثار عوامل تدين التجار في سلوك التجارة الإسلاميةّ. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
LPP_Abdullah Yuqda_EI8_Magelang_fix_halaman kosong 4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa Pasar Talun adalah salah satu pasar yang terbesar di daerah Magelang, selain itu letak pasar Talun juga sangat strategis untuk kalangan misayarakat pegunungan maupun pedesan di daerah kecamata Dukun Kabupaten Magelang Adapun jumlah pedagang dimana semua pedagangnya baik pasar Talun mencapai 633 pedagang, yang menjual adalah serta tidalg Islam dan Islam seperti dagangan yang bermutu atau dan barang dan dengan tidak sesuai lain sebagainya. ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktorreligiusitas pengaruh faktor religiusitas pedagang terhadap etika bisnis Islam di pasar Talun Magelang Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian pedagang ada yang menjual dagangan yang haram Penelnjual daging babi, minuman etika bisnis Islam pedagang terhadap seberapa dan besar Talun kabupaten Mayelam pberjmlan pedagang Danjumlah sampel ini adalah seluruh dalam penelitian ini berjumlahi s6 responden yang pengambilan sampelnya menggunakan Simple Random Sampling. dikarenakan pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan observasi Dan metode analisis data menggunakan analisis validitas realibitas, asumsi klasik, dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya secara signifikan variabel religiusitas berpengaruh terliadap etika bisnis Islam Dapai dilihat dari probabilitas variabel religiusitas sebesar 0.000 yang menandakan bahwa nilaitersebut lebih rendah dari o.05 dan nilai ini menunjukkan bahwa variable religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap etika bisnis Islam Dan hasil penelitian ni bahwa vartable religiusitas yang paling dominan dalam etika bisnis Islam adalah variabel peribadatan (praktek met S nilai 0941. agama), hasil penelitian ini diketahui bahwa tujuan dari berbisnis atau matauntukmendapatkanmaterisaja tetapipadahakikatya tujuan dari berdagang adalah untuk mendapatkan ridlo dari Allah SWT Dan dalam melakükan kegiatan bisnis agar pedagang lebih memperhatikan peraturan-peraturan ataupun etika dalam berdagang yang telah diajarkan lam Schingga dalam muamalahnya tidak menunbulkan kedhaliman schingga muamalah ini sebagai wasilah pelakunya unuk ibadah dalam menggapai Ridha Allah SWT Olei karena itu penelitian selanjutnya supava lebih menyempurnakan hasil perielitian mi yang tentunNa merujuk pada hasil penelitian yang sudah ada dengan harapan agar penelitian yang dihasilkan dapat lebilh biaik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 03 Nov 2020 23:55
Last Modified: 03 Nov 2020 23:55
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item