MODEL ISLAMISASI EKONOMI STUDI KASUS SAREKAT DAGANG ISLAM

Pramono, Muhamad Fajar (2017) MODEL ISLAMISASI EKONOMI STUDI KASUS SAREKAT DAGANG ISLAM. MODEL ISLAMISASI EKONOMI STUDI KASUS SAREKAT DAGANG ISLAM, 11 (02). pp. 247-266. ISSN 1907-4514

[img] Text
6- Jurnal Ijtihad, Desember 2017.pdf

Download (348kB)
[img] Text
6.1.2 Ijtihad-2 reviewer.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Jurnal Ijtidad 2017-Hasil Plagiasi (1).pdf

Download (4MB)
Official URL: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ijti...

Abstract

Islamisasi pengetahuan merupakan isu yang tidak bisa dilewatkan begitusaja dan telah lama diperbincangkan, termasuk di Indonesia. Banyak kalangan yang mencoba mengusung gagasan ini dan banyak pula yang mengkritiknya, namun tidak banyak yang memahaminya secara konseptual dalam konteks pandangan hidup dan peradaban Islam. Islamisasi Indonesia dalam bidang ekonomi masih sangat sedikit. Berbeda dengan Islamisasi dalam bidang lain seperti pendidikan, pemurnian aqidah, da’wah parlemen, perbaikan fiqih ibdah dan lainnya. Islamisasi dalam bidang ekonomi baru sekedar riak-riak kecil yang belum begitu populer muncul ke permukaan. Itupun baru dalam tataran ekonomi makro seperti bermunculannya perbankan syari’ah, asuransi syari’ah dan sejenisnya, padahal tentunya tidak hanya sebatas itu. Dengan kata lain, ekonomi Islam yang dibangun oleh para pencetusnya belum dapat dikatakan sebagai sebuah disiplin ilmu yang mapan, karena dipandang tidak ditemukan adanya bangunan pemikiran ekonomiyang utuh seperti halnya dalam ilmu ekonomi modern. Sementara itu, sebagianyang lain menganggap bahwa perkembangan studi ekonomi Islam tidak lain hanyalah sebagai reaksi sesaat dalam merespon modernisme. Maka dalam kesempatan ini menarik dikaji model Islamisasi ekonomi dalam kasus Sarekat Dagang Islam (1905). Metode yang digunakan dalam studi ini dengan menggunakan metode eksploratif. Hasil studi diketahui bahwa kekuatan Sarekat Dagang Islam (SDI) tidak hanya dalam kekuatan doktrin dan konsep, tetapi yang sama penting adalah kemampuan membaca kebutuhan dan problem yang dihadapi oleh ummat dalam ekonomi waktu itu. Jadi, keberadaan Sarekat Dagang Islam tidak hanya mampu menggerakkan ulama dan ilmuan serta para elit Jawa, tetapi juga mampu menggerakkan ummat dalam gerakan ekonomi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Islamisasi Ekonomi, Sarekat Dagang Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Dr. Muhamad Fajar Pramono, M.Si
Date Deposited: 01 Jan 2020 08:07
Last Modified: 04 Feb 2020 06:16
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item