STRATEGY OF POST- CRISIS ECONOMIC DEVELOPMENT: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN MEDINA CITY STATE 622-623 AND TURKEY 2008-2009

Lutfi, Adib (2018) STRATEGY OF POST- CRISIS ECONOMIC DEVELOPMENT: A COMPARATIVE STUDY BETWEEN MEDINA CITY STATE 622-623 AND TURKEY 2008-2009. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
adib.pdf

Download (2MB)

Abstract

Krisis Eropa muncul pada 2008 dan semakin memburuk pada 2009. Pemicu terjadinya krisis Eropa adalah karena Yunani gagal membayar hutang. Pemerintah Yunani yang sudah terlalu banyak berhutang akhirnya menyeret negara-negara di Uni Eropa ke dalam krisis yang mengerikan tersebut. Turki sebagai salah satu negara mitra dagang terbesar Eropa, juga terseret ke dalam krisis Eropa. Tujuan ekspor terbesar Turki adalah Uni Eropa dengan 44,5% jumlah ekspor Turki, tentunya krisis tersebut berdampak ke jalur perdagangan langsung Turki-Eropa. Dampak tersebut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Turki yang sebelumnya menunjukkan pertumbuhan yang positif. Penurunan dalam GDP dan produksi industri tidak dapat dihindari, bahkan pengangguran juga meningkat tinggi dari tahun sebelumnya. Melihat masalah ini, harus ada solusi dalam menanggulangi masalah tersebut. Penaggulangan krisis yang dilakukan Turki memiliki kesamaan dengan cara Rasulullah dalam membangun perekonomian Madinah ketika masa awal hijrahnya kaum muslimin dari Makkah ke Madinah pada tahun 622-623. Dengan strategi Rasulullah SAW dalam membangun perekonomian Madinah, penulis mencoba mengkomparasikan strategi Turki dan Rasulullah dalam menanggulangi dampak krisis dan membangun perekonomian negara sehingga berhasil bersaing di pasar global. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memberikan gambaran pengetahuan bagaimana Turki menanggulangi dampak krisis ekonomi Eropa dan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik di masa depan yang dikomparasikan dengan strategi Rasulullah dalam membangun perekonomian Madinah. Penelitian ini menggunakan metode analisis komparatif dalam usaha membandingkan strategi Turki dalam menanggulangi krisis dan strategi Rasulullah dalam membangun perekonomian Madinah. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara penelitian kepustakaan (library research). Library Research yang dimaksud yaitu mencari berbagai informasi, berita analisis, konsep-konsep hasil pemikiran para ahli yang dimuat dalam buku, jurnal, artikel, internet, media cetak yang berkaitan dengan tema.Hasil penelitian berdasarkan penelitian kepustakaaan membuktikan bahwa strategi yang dilakukan Turki dalam menanggulangi dampak krisis ekonomi Eropa memiliki kesamaan dengan strategi Rasulullah SAW dalam membangun perekonomian Madinah. Dengan memanfaatkan sumber daya alam, membangun pasar baru dan melakukan kontrak politik dengan negara-negara tetangga dan berperan penting dalam politik regional serta memanfaatkan letak strategis negara, Turki berhasil menanggulangi dampak krisis Eropa. Strategi ini menjadi solusi yang mampu membawa Turki ke ambang kesuksesan dalam membangun perekonomian negara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Humaniora UNIDA Gontor > Hubungan Internasional
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 00:47
Last Modified: 04 Nov 2020 00:47
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item