SKRIPSI PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BAWANG DAYAK (Eleutherine americana Merr.) PADA SENYAWA FLAVONOID DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN NUGET TEMPE

Sajidah, Viqi (2018) SKRIPSI PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK BAWANG DAYAK (Eleutherine americana Merr.) PADA SENYAWA FLAVONOID DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN NUGET TEMPE. Diploma thesis, UNIDA.

[img] Text
Viqi Sajidah_fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Senyawa flavonoid merupakan senyawa metabolit sekunder yang memiliki struktur inti dan termasuk sebagai senyawa polifenol karena mengandung dua atau lebih gugus hidroksil. Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah, menunda, dan menghilangkan kerusakan oksidatif pada molekul target, seperti lemak, protein dan DNA. Penambahan ekstrak bawang dayak diharapkan dapat meningkatkan senyawa flavonoid dan aktivitas antioksidan nuget tempe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak bawang dayak (Eleutherine americana Merr.) terhadap senyawa flavonoid, dan aktivitas antioksidan nuget tempe. Penelitian dilakukan menggunakan RAL (Rancangan Acak Rangkap) dengan dua kali ulangan. Aktivitas antioksidan diuji dengan 1,2,2 – Diphenyl Picryl Hydrazyl (DPPH). Senyawa flavonoid diuji dengan spektrofotometri UV – Vis dengan quercetin sebagai kurva standar. Pada penelitian ini uji senyawa flavonoid menunjukkan bahwa total kadar senyawa flavonoid ekstrak bawang dayak pada nuget tempe dengan nilai p value 0,072. Pada uji aktivitas antioksidan memiliki nilai p value 0,000. Keyword : aktivitas antioksidan, bawang dayak, Eleutherine americana Merr., senyawa flavonoid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 01:21
Last Modified: 04 Nov 2020 01:21
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item