ّتأثير التربية الخلقية على إنجاز التعلم فى درس عقيدة الأخلاق لطلاب الفص ّالأول بالمدرسة الثانوية الإسلامية المتكاملة ريجوسو فرتيرنجان جومبانج جاوى الشرقية العام الدراسى م2018-2017

Nur Aziza Kartika Rahayu, Afifah (2018) ّتأثير التربية الخلقية على إنجاز التعلم فى درس عقيدة الأخلاق لطلاب الفص ّالأول بالمدرسة الثانوية الإسلامية المتكاملة ريجوسو فرتيرنجان جومبانج جاوى الشرقية العام الدراسى م2018-2017. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Full Skripsi.pdf

Download (20MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dan akhlak merupakan suatu perilaku seseorang baik atau buruk yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Dan seseorang dapat dikatakan berhasil dalam belajar , jika terdapat perubahan perilaku dalam melaksanakan proses belajar-mengajar. Maka dari itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa akhlak adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti memilih MTs Plus Darul Ulum dikarenakan di sekolah tersebut memiliki metode penerapan pendidikan akhlak melalui Qudwah Hasanah antara guru dan murid . Akan tetapi nilai prestasi belajar materi Aqidah akhlak sebagian banyak dari siswa tersebut masuk dalam kategori rendah. Lebih terkhusus siswa kelas 1, karna mereka termasuk anak baru dan membutuhkan penyesuaian terhadap lingkungan sekolah. Maka dari itu peneliti akan meneliti tentang Pengaruh pendidikan akhlak terhadap prestasi belajar siswa dalam materi pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 1 MTs Plus Darul Ulum Rejoso Perterongan Jombang Jawa Timur Tahun Ajaran 2017-2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses Pendidikan akhlak pada siswa kelas 1 di MTs Plus Darul Ulum Rejoso Perterongan Jombang Jawa timur tahun ajaran 2017-2018 M. (2) Prestasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak kelas satu di MTs Plus Darul Ulum Rejoso Perterongan Jombang Jawa Timur tahun ajaran 2017-2018 M. dan (3) Ada atau tidak adanya pengaruh pendidikan akhlak terhadap prestasi belajar siswa dalam pelajaran Aqidah Akhlak kelas satu di MTs Plus Darul Ulum Rejoso Perterongan Jombang Jawa Timur tahun ajaran 2017-2018 M. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dan peneliti menggunakan populasi seluruh kelas satu untuk mengetahui suatu pengaruh pendidikan akhlak dalam prestasi belajar materi Aqidah akhlak. Sedangkan jumlah populasi siswi kelas 1 MTs Plus Darul Ulum sejumlah 184, dan peneliti mengambil sampel 25% yang berjumlah 46 orang dengan menggunakan metode acak. Dan untuk mengetahui hasil dari pendidikan akhlak, peneliti menggunakan angket,sedangkan untuk mendapatkan nilai prestasi belajar materi Aqidah akhlak menggunakan tes tertulis. Serta beberapa data wawancara dan observasi tentang pendidikan akhlak serta metode belajar aqidah akhlak. Dan dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh antara dua variable tersebut menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan program SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai proses pendidikan akhlak melalui angket dengan rata-rata sebesar 78,98 dengan kategori tinggi. (2) Nilai yang didapatkan siswa pada materi Aqidah Akhlak adalah 2740 dengan jumlah siswa 46, maka rata-rata prestasi materi aqidah akhlak kelas 1 MTs plus darul ulum 59,57 dengan kategori sedang. (3) Tidak adanya pengaruh pendidikan akhlak terhadap prestasi belajar materi aqidah akhlak kelas 1 MTs Plus Darul Ulum dengan hasil R Square di SPSS 2,1% dan dari hasil ini menyatakan bahwa tidak ada pengaruh antara pendidikan akhlak terhadap prestasi belajar aqidah akhlak sebesar 2,1 %,. Dan 97,9 % di pengaruhi oleh faktor lain. Dan dari hasil Analisis regresi peneliti mengetahui hasil F hitung (0,961) lebih kecil dari F table (1,36), maka dapat diartikan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh antara pendidikan akhlak dengan prestasi belajar materi Aqidah Akhlak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan: (1) Diharapkan bagi guru MTs Plus Darul Ulum untuk memperhatikan dan meningkatkan penerapan pendidikan akhlak, khususnya pada kompetensi peningkatan prestasi belajar serta mendalami materi aqidah akhlak. (2) dan bagi seluruh siswa kelas 1 MTs Plus Darul Ulum untuk lebih meningkatkan pemahaman materi Aqidah akhlak sehingga mampu menerapkan serta membiasakan berakhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari (3) Dan bagi pengajar materi Aqidah akhlak untuk menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar dapat meningkatkan pemahaman serta ketertarikan siswa dalam materi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:36
Last Modified: 04 Nov 2020 03:36
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item