الفكرة الرتبوية عند حسن الجنكولونج

Romadhona, Nurlaili (2018) الفكرة الرتبوية عند حسن الجنكولونج. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Laili.pdf

Download (673kB)

Abstract

Pcndidikan adalah upaya mcnyampaikan nilai, yang nantinya akan menjadi pcgangan dan pcnuntun umat manusia dalam menjalani kehidupan sekaligus memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Dengan berkembangnya ilmu pengctahuan, kchidupan sosial pun ikut mcngalami perubahan yang sama pcsatnya schingga masyarakat dituntut dalam kelenturan bcrfikir, daya suai intelektual yang bcsar schingga mcmiliki keterbukaan dalam can hidup dan memiliki kemampuan berfikir yang kritis. Dengan melihat hal ini, pcneliti mcncoba untuk mcmaparkan salah satu tokoh pcndidikan yang banyak mcnyumbangkan pcmikirannya dalam dunia pcndidikan yaitu Hasan Langgulung. Pcmikirannya bisa mcnjadi rujukan untuk mcmperbaiki pendidikan di Indonesia tcrutama dan mcnjadi acuan bagi guru-guru dalam mclakukan pcmbclajaran yang lebih balk. Pcnelitian ini bertujuan untuk mengctahui pemikiran Hasan Langgulung dalam pendidikan, schingga dapat menjadi bahan acuan dalam mclakukan upaya-upaya peningkatan kualitas kegiatan belajar mcngajar siswa sekolah dan perbaikan pendidikan, mulai dari kurikulum, tujuan pcndidikan, mctodc yang digunakan pada saat proses belajar mcngajar bcrlangsung dan lain-lain yang bcrkcnaan dengan pendidikan. Dalam pembahasan ini, pcncliti mcnggunakan pcnclitian kcpustakaan, dan tcknik dalam pengumpulan data adalah mctodc dokumcntasi scdangkan tcknik analisa data adalah metode deslcriptif untuk mcngumpulkan dan mcnyusun data mcngcnai Hasan Langgulung mulai dari later belakang hidupnya, pcndidikannya, Icarya-lcaryanya dan pcmikirannya tentang pendidikan. Sccara garis bcsar, pengertian pendidikan mcnurut Hasan Langgulung adalah proses untuk mengubah dan memindahican nilai-nilai kcbudayaan kepada setiap individu masyarakat mcialui berbagai proses. Proses pemindahan tersebut adalah pcngajaran, latihan dan indoktrinasi. Scdangkan tujuan pokok yang ingin dicapai adalah pcmbcntukan insan shalch dan masyarakat shalch. Kurikulum mcnurut Hasan Langgulung adalah sejumlah pcngalaman yang didapat balk didalam kolas maupun diluar kclas bcrmaksud untuk mcnolong perkcmbangan sccara mcnycluruh dan mcrubah tingkah laku mcrcka sesuai tujuan pcndidikan. Pcndidikan bukanlah sekedar pcngajaran pengetahuan dan kemahiran bcrfikir dan tcknik, tctapi pada waktu yang sama pendidikan adalah proses pengembangan sosial, pengembangan ckonomi, pcmikiran intelektual, emosi dan akhlaq, berfungsi mcnyiapkan individu agar memberi sumbangan cfektif dalam kehidupan sosial dad berbagai scgi yakni mcnyiapkan produksi matcri. Pada alchimya, dad kajian yang rclatif singkat ini, tentunya membutuhican analisa yang lebih mendalam lagi. Maim dad itu, penulis bcrharap akan ada kajian yang lebih lengkap dan mcndalam tentang pemikiran kependidikan Hasan Langgulung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:11
Last Modified: 04 Nov 2020 02:11
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item