PENERAPAN VIDEO COMMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS 1D SMP MAARIF 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2017--2018

Hamdani, Muhammad (2018) PENERAPAN VIDEO COMMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS 1D SMP MAARIF 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2017--2018. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Watermark_LPP.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di era yang modern dan secanggih sekarang ini, guru harus bisa memanfaatkan hal tersebut dengan cara menggunakan media elektronik salah satunya dengan menggunakan «Video Comment» sebagai metode pembelajaran di dalam kelas. Dengan adanya media atau metode, akan lebih meningkatkan daya serap siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran. Hadirnya media atau metode dalam dunia pendidikan mempunyai arti yang cukup penting dalam proses belajar mengajar, Karena kurang jelasnya bahan atau materi yang disampaikan oleh guru dapat dibantu dengan adanya media atau metode dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran seperti strategi “Video Comment” dalam pembelajaran fiqih untuk membantu penjelasan dari tidak jelasan suatu materi yang di sampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Meningkatkan minat belajar siswa bab jama dan qashar pada mata pelajaran Fiqih kelas I D SMP Maarif 1 Ponorogo tahun ajaran 20172( 2018-) Meningkatkan hasil belajar siswa bab jama dan qashar pada mata pelajaran Fiqih kelas I D SMP Maarif 1 Ponorogo tahun ajaran 20172018-. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini bersifat kolaboratif, karena peneliti belum mempunyai kelas untuk mengajar sehingga harus bekerja sama dengan guru mata pelajaran Fiqih kelas 1 D SMP Maarif 1 Ponorogo. Untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data minat dan hasil belajar siswa yang kemudian hasil observasi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Video Comment dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Fiqih bab jama dan qashar siswa kelas 1D SMP Maarif 1 Ponorogo. Hal ini di tandai dengan data yang di dapat peneliti pada siklus I pada kategori tinggi sebanyak 13 siswa dengan persentase 59%, pada kategori cukup sebanyak 8 siswa dengan persentase 36% dan pada kategori rendah 1 siswa dengan persentase 5%. sedangkan di siklus II pada kategori tinggi sebanyak 16 siswa dengan persentase 73%, pada kategori cukup sebanyak 6 siswa dengan persentase 27% dan pada kategori rendah tidak ada.. (2) Penerapan Video Comment dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih bab jama dan qashar siswa kelas 1D SMP Maarif 1 Ponorogo. Hal ini di tandai dengan data yang di dapat peneliti dari nilai KKM. Pada siklus I sebanyak 21 siswa lulus dengan persentase 95% dan 1 siswa belum lulus dengan persentase 5%. Sedangkan di siklus II seluruh siswa lulus dengan persentase 100%. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti mengharapkan: (1) Kepada para siswa hendaknya selalu memperhatikan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Memakai ataupun tidak memakai metode Video Comment. (2) kepada guru diharapkan mampu menerapkan metode Video Comment dalam proses pembelajaran. (3) kepada sekolah diharapkan dapat di gunakan oleh guru lainnya. (4) kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah wawasan dan rujukan untuk mengembangkan dan menerapkan suatu metode dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:50
Last Modified: 04 Nov 2020 02:50
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item