Analisis Penerapan Etika Bisnis Menurut Muhammad Djakfar (Studi Kasus di Toko Amanah Herbal Batikan-Magelang Tahun 2018)

Yusuf, Muhamad (2018) Analisis Penerapan Etika Bisnis Menurut Muhammad Djakfar (Studi Kasus di Toko Amanah Herbal Batikan-Magelang Tahun 2018). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
watermark LPP_Muhammad Yusuf_EI8_Magelang_FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tidak semua bisnis atau usaha yang mencantumkan didalamnya istilah-istilah Islam seperti halal, barokah, thoyib, dan lain sebagainya, benar-benar telah menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Masih banyak ditemukan kegiatan jual beli atau bisnis yang mengabaikan nilai-nilai etika bisnis yang telah diajarkan oleh syariat Islam. Diantaranya tidak memenuhi kewajiban sebagai pelaku bisnis muslim, yaitu tidak segera menunaikan shalat dan meninggalkan kegiatan jual beli ketika masuk waktu shalat, tidak memberikan hak karyawan sepenuhnya, masih ada karyawan perempuan yang menggunakan hijab tapi belum sesuai dengan syariat Islam, adanya karyawan yang kurang ramah dalam melayani pelanggan, dll. Toko Amanah Herbal merupakan salah satu jenis usaha atau bisnis yang menjual produk-produk herbal di wilayah Batikan-Magelang.Toko ini menggunakan istilah Islami dalam penamaan toko yaitu Amanah yang berarti dapat dipercaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis yang diterapkan oleh Toko Amanah Herbal, apakah sudah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis menurut Muhammad Djakfar. Adapun penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan mendeskripsikannya dalam bentuk kalimat sederhana sehingga dapat diambil pengertiannya untuk mendapatkan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Untuk uji validitas penulis menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data dalam mendukung pengukuran tingkat keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya secara umum etika bisnis menurut Muhammad Djakfar sudah diterapkan di Toko Amanah Herbal, hal tersebut dapat dilihat pada hal pelaksanaan kewajiban dan tanggungjawab pihak toko yang secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik, seperti segera menunaikan shalat dan meninggalkan kegiatan jual beli ketika masuk waktu shalat, memberikan hak karyawan sepenuhnya, untuk karyawan perempuan menggunakan hijab sesuai dengan syariat Islam, pelayanan yang baik(ramah dan sopan), jujur dalam bertransaksi, produk yang dijual memiliki kualitas yang baik, tidak adanya praktek sumpah dalam menarik konsumen, dan lain sebagainya. Akan tetapi ada beberapa hal yang pelu ditingkatkan dan dikembangkan lagi, diantaranya dalam menjalin hubungan dengan pebisnis lainnya dan sistem administrasi keuangan yang masih manual. Penulis menyadari bahwasanya penelitian ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kekurangan, maka diharapkan kepada peneliti selanjutnya dapat melengkapi kekurangan yang ada dalam penelitian ini agar lebih baik dari sebelumnya dan bermanfaat bagi pembaca dan bermanfaat untuk kepentingan akademis. Kata kunci : Etika, Bisnis, Etika Bisnis, Toko Amanah Herbal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:04
Last Modified: 04 Nov 2020 03:04
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item