ANALISIS OPTIMALISASI DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF DENGAN PROGRAM EKONOMI (JATIM MAKMUR) (STUDI PADA BAZNAS PROVINSI JAWA TIMUR)

Maghfiroh, Aida (2019) ANALISIS OPTIMALISASI DISTRIBUSI ZAKAT PRODUKTIF DENGAN PROGRAM EKONOMI (JATIM MAKMUR) (STUDI PADA BAZNAS PROVINSI JAWA TIMUR). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Aida watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zakat adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang telah ditetapkan al-Qur’an. Zakat juga terdapat pada rukun Islam, hal ini bahwa zakat merupakan lembaga resmi yang diarahkan untuk menciptakan pemerataan dan pemberdayaan masyarakat sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Zakat di Indonesia dikelola baik oleh Badan Amil Zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program ekonomi (Jatim Makmur) dan implementasinya di BAZNAS Provinsi Jawa Timur, optimalisasi zakat produktif dalam program ekonomi (Jatim Makmur), dan mekanisme pendistribusian dana zakat produktif melalui program ekonomi (Jatim Makmur) di BAZNAS Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti menuliskan hasil penelitiannya dengan cara mendeskripsikan data-data yang telah didapatnya. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan mengumpulkan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BAZNAS Provinsi Jawa Timur mendistribusikan dana zakat produktif dalam bentuk program ekonomi (Jatim Makmur) meliputi berbagai program yaitu, bantuan modal usaha mandiri, bantuan pelunasan hutang, bantuan modal usaha bergulir, bedah rumah, bantuan alat kerja, dan ZCD ekonomi. Menjadi konsen di program ini adalah ZCD ekonomi. Dengan bantuan ZCD ekonomi diharapkan mustahik dapat sejahtera dan mandiri. Secara keseluruhan distribusi dana zakat produktif dengan program ekonomi sudah cukup optimal dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kata kunci : Optimalisasi, Distribusi, Zakat Produktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:42
Last Modified: 04 Nov 2020 03:42
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item