FORMULASI SEDIAAN TABLET HISAP EKSTRAK KERING HABBATUS SAUDA’ (Nigella sativa L.) DENGAN KOMBINASI SUKROSA-MANITOL SEBAGAI BAHAN PENGISI

Dewi, Yulisa Raras (2018) FORMULASI SEDIAAN TABLET HISAP EKSTRAK KERING HABBATUS SAUDA’ (Nigella sativa L.) DENGAN KOMBINASI SUKROSA-MANITOL SEBAGAI BAHAN PENGISI. Diploma thesis, UNIDA.

[img] Text
LAYOUT_SKRIPSI_YULISA_FIXX.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Habbatus sauda’ (Nigella sativa. L) telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan bentuk sediaan kapsul. Dalam penelitian ini peneliti memilih bentuk sediaan tablet hisap yang bertujuan untuk memberikan suatu bentuk pengobatan yang dapat diberikan dengan mudah kepada anak-anak atau orang tua yang sukar menelan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik tablet hisap ekstrak kering habbatus sauda’ dengan kombinasi sukrosa – manitol sebagai bahan pengisi. Ekstrak kering habbatus sauda’ dibuat dengan menggunakan pelarut air dan dikeringkan dengan freeze dryer. Tablet hisap ekstrak kering habbatus sauda’ dibuat dalam 3 formulasi dengan kombinasi sukrosa dan manitol yaitu FI (sukrosa 1: manitol 5), FII (sukrosa 1 : manitol 6) dan FIII (sukrosa 1 : manitol 7). Metode granulasi basah digunakan dalam pembuatan tablet hisap ekstrak kering habbatus sauda’. Granul diuji meliputi uji waktu alir, sudut diam, kompresibilitas dan uji kadar air. Tablet hisap ekstrak kering habbatus sauda’ yang diperoleh diuji sifat fisik meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan uji waktu larut tablet. Data hasil uji granul dan uji sifat fisik tablet dibandingkan dengan pustaka dan uji waktu alir granul dan uji kekerasan tablet dianalisa secara statistik menggunakan uji One Way ANOVA dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kekerasan dan rasa tablet hisap ekstrak kering habbatus sauda’ dengan kombinasi sukrosa-manitol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tablet hisap ekstrak kering habbatus sauda’ dengan konsentrasi sukrosa (1) : manitol (5) memiliki kriteria yang baik sebagai tablet hisap dengan kekerasan tablet 8,57/kg, waktu larut 13.27/menit dan kerapuhan 0,12%. Kata kunci : Habbatus sauda’, sukrosa – manitol, pengisi, tablet hisap, ekstrak kering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Farmasi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:53
Last Modified: 04 Nov 2020 03:53
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item