‫الفصل‬ ‫طالب‬ ‫أخالق‬ ‫بناء‬ ‫يف‬ ‫الطلبة‬ ‫منظّمة‬ ‫مدبّري‬ ‫حماولة‬ ‫سالهونج‬ ‫العاملي‬ ‫املربمج‬ ‫العصري‬ ‫سالة‬ ‫الر‬ ‫ّ‬ ‫ّ‬ ‫مبعهد‬ ‫ل‬ ‫األو‬ ‫فونوروكو‬

Sasongko, Frendy (2020) ‫الفصل‬ ‫طالب‬ ‫أخالق‬ ‫بناء‬ ‫يف‬ ‫الطلبة‬ ‫منظّمة‬ ‫مدبّري‬ ‫حماولة‬ ‫سالهونج‬ ‫العاملي‬ ‫املربمج‬ ‫العصري‬ ‫سالة‬ ‫الر‬ ‫ّ‬ ‫ّ‬ ‫مبعهد‬ ‫ل‬ ‫األو‬ ‫فونوروكو‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
waterrevisi skripsi fiks frendy sasongko.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pondok Modern Arrisalah Program Internasional adalah lembaga pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan akhlaq dan pembentukan karakter dengan melalui aktifitas-aktifitas dan dengan mewujudkan lingkungan yang mendukung dengan segala bentuk kegiatan yang ada di dalam pondok. Adapun pelaksanaanya dilakukan melalui organisasi Pelajar Pesantren Tepat Teknologi Islam (PTTI). Organisasi ini berfungsi sebagai pengatur dan pengendali seluruh kegiatan santri. Dalam hal ini penulis melihat kemunduran akhlaq santri terutama kelas 1 dan kegiatan atau aktifitas PTTI berperan cukup besar dalam pembentukan akhlaq santri, sehingga terbentuklah akhlaq santri yang karimah dan mempunyai mental berjuang yang tangguh dan yang mampu bermanfaat dalam masyarakat, untuk itu penulis ingin mengangkat aktifitas-aktifitas atau kegiatan PTTI dalam pembentukan akhlaq Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apa upaya pengurus organisasi pelajar PTTI dalam pembentukan akhlaq santri kelas 1, (2) mengetahui Apa hambatan dalam pembentukan akhlaq santri kelas 1. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) teknik wawancara, digunakan untuk mewawancarai Pengurus PTTI, pembantu pengasuhan santri dan beberapa informan yang berkaitan dengan akhlaq santri kelas 1, (2) Teknik Observasi Partisipasi Pasif (Passive Participation), untuk mengamati secara langsung kegiatan santri dan pengurus PTTI di pondok tetapi tidak terlibat langsung dalam kegiatan, (3) Teknik Dokumenter, untuk mendapatkan data-data tentang gambaran umum Pondok Modern Arrisalah Slahung. Menggunakan analisis data dari Milles dan Hubberman yang meliputi: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa (1) upaya pengurus PTTI dalam membentuk akhlaq santri kelas 1 di Pondok Modern Arrisalah Program Internasional terutama dalam (a) Bagian keamanan (b) bagian pengajaran dan (c) bagian takmir masjid dalam hal ini kegiatan PTTI bertujuan membentuk akhlaq seperti: kejujuran, tanggung jawab, keikhlasan, sabar dan baik dalam pergaulan. Pembentukan akhlaq dalam kegiatan PTTI ini digunakan Pondok Modern Arrisalah Slahung untuk mencetak santri-santri sholeh dan berbakti kepada orang tua dan mempunyai akhlaq karimah. (2) pengurus organisasi PTTI dalam upayanya terdapat hambatan-hambatan dalam pembentukan akhlaq santri kelas 1 seperti: pengurus belum mengerti pentingnya pembentukan akhlaq, pengurus organisasi PTTI tidak istiqomah dalam menegakkan disiplin, komunikasi yang kurang baik antara bagian-munadhomah dan kurangnya uswah hasanah dalam setiap bagian untuk pembentukan akhlaq santri kelas 1. Akhirnya, dengan penelitian ini penulis mengharapkan kepada pengurus Organisai Pelajar Pesantren Tepat Teknologi Islam untuk meningkatkan bimbingan serta pengawasan dalam membentuk akhlaq kelas 1, dan pembantu pengasuhan santri untuk mengawasi pengurus Organisasi Pelajar, serta pihak-pihak yang bertanggungjawab dalam pembentukan akhlaq seperti para guru-guru, wali kelas, dan pembimbing anak baru untuk selalu dan sama-sama memberikan contoh akhlaq yang baik di Pondok Modern Arrisalah slahung dan untuk penulis yang akan agar meneliti dengan metode yang lain dan semoga dapat menentukan pembentukan akhlaq yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 12:45
Last Modified: 04 Nov 2020 12:45
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item