FORMULASI SEDIAAN MASKER Gel Peel Off EKSTRAK KULIT BUAH PISANG KEPOK (Musae paradisiacae Pericarpium) PADA VARIASI JENIS HUMEKTAN

ARDINA PRATIWI, FRIDA (2020) FORMULASI SEDIAAN MASKER Gel Peel Off EKSTRAK KULIT BUAH PISANG KEPOK (Musae paradisiacae Pericarpium) PADA VARIASI JENIS HUMEKTAN. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
Frida Ardina Watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Senyawa antioksidan dapat mengurangi efek buruk radikal bebas terhadap kulit. Kulit buah pisang kepok (Musae paradisiacae Pericarpium) mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, seperti senyawa golongan tanin dan flavonoid. Masker wajah peel off adalah masker wajah yang memiliki keunggulan dalam penggunaannya yaitu mudah diangkat atau dilepaskan seperti membran elastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kulit buah pisang kepok dapatkah diformulasikan menjadi masker gel peel off dan menentukan pengaruh penambahan variasi humektan yang tepat sehingga dihasilkan produk masker gel peel off yang efektif, stabil dan aman dalam penggunaannya. Formulasi masker gel dibuat dengan basis Polyvinyl Alcohol (PVA) dengan konsentrasi 13%. Evaluasi sediaan masker gel meliputi pengamatan perubahan warna, bau, tekstur, pH, waktu kering, daya sebar dan viskositas selama 28 hari pada suhu penyimpanan 400C. Data hasil evaluasi sediaan masker gel peel off kulit buah pisang kepok dianalisis dengan program SPSS 16.0 jika data normal menggunakan One Way Anova jika data tidak normal menggunakan Kruskal Wallis. Hasil menunjukkan bahwa variasi humektan secara signifikan memengaruhi organoleptik dan waktu mengering (p<0,05) dan variasi humektan secara signifikan tidak memengaruhi pH, homogenitas, viskositas dan daya sebar dari sediaan (p>0,05). Formulasi terbaik sediaan masker wajah ekstrak kulit buah pisang kepok (Musa paradisiaca Pericarpium) dalam bentuk gel peel off berdasarkan uji organoleptik dan waktu kering adalah formulasi tiga yaitu madu sebagai humektan sediaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
R Medicine > RX Homeopathy
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Farmasi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 12:57
Last Modified: 04 Nov 2020 12:57
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item