STRATEGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL MASJID DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Masjid Jogokariyan, Desa Jogokariyan, Kecamatan Matirejon, Kota Yogyakarta, Provinsu Yogyakarta)

Rachman, Aisyah (2019) STRATEGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL MASJID DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Masjid Jogokariyan, Desa Jogokariyan, Kecamatan Matirejon, Kota Yogyakarta, Provinsu Yogyakarta). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
aisyah fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kewirausahaan sosial masjid Jogokariyan dan strategi kewirausahaan sosial masjid Jogokariyan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data akan dianalisis menggunakan model analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah definisi kewirausahaan sosial masjid Jogokariyan adalah kewirausahaan sosial yang dibangun masjid Jogokariyan untuk menciptakan nilai-nilai sosial melalui kegiatan ekonomi yang inovatif. Sedangkan strategi kewirausahaan sosial masjid jogokariyan dalam meningkatkan kesejahteraan adalah pemenuhan kelima aspek dalam maqasid syariah melalui nilai-nilai sosial. Saran penelitian ini adalah optimalisasi aula sebagai kewirausahaan sosial masjid dalam menciptakan nilai sosial. Selain itu, strategi kewirausahaan social masjid Jogokariyan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat lebih ditingkatkan melalui pemenuhan seluruh aksioma dalam setiap aspek maqashid shariah. Kata kunci: Strategi, kewirauasahaan sosial, masjid, kesejahteraan masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 13:38
Last Modified: 04 Nov 2020 13:38
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item