التربية الإسلامية عند محمد قطب

Aisyah, Iis (2018) التربية الإسلامية عند محمد قطب. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Full Skripsi IIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Islam dengan berbagai metodenya telah terbukti berperan besar dalam mewujudkan individu yang baik di masyarakat. Yang memiliki keistimewaan dalam aqidah, perilaku serta mampu merealisasikan ilmu pengetahuan dan tujuan hidup berdasarkan nilai-nilai Islam. Sebab, Islam dalam hal pendidikan mendidik secara totalitas, dengan memperhatikan setiap segi manusia agar tidak lepas dari tujuan penciptaannya. Namun, dewasa ini dunia pendidikan cenderung mengikuti bangsa lain yang mengakibatkan pendidikan Islam jauh bahkan lupa akan tujuannya. Sebagai dampaknya, generasi muda terpengaruh berbagai paham negatif khususnya dalam pemahaman dan aplikasi ilmu di kehidupan mereka. Menyikapi hal ini, pendidik lah yang memegang peran sentral dalam menangkis berbagai pengaruh negatif tersebut. Disamping itu sudah saatnya semua lembaga pendidikan menyadari kembali hakikat serta tujuan pendidikan Islam. Dalam hal tersebut para pemikir Islam pun ikut serta untuk menanganinya dengan menuangkan ide-ide mendasar terkait dengan hal tersebut. Salah satunya adalah Muhammad Quthb yaitu salah seorang tokoh yang cukup tersohor dalam bidang pendidikan Islam dan psikologi. Dimana tokoh ini membangun landasan pemikirannya sendiri dengan pengaruh yang didapatkan dari kakaknya sendiri Sayyid Quthb. Pemikirannya mengenai pendidikan Islam memiliki keistimewaan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan Islam, sehingga relevan untuk direalisasikan dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia. Dengan demikian, peneliti bermaksud untuk mengkaji penelitian ini dengan judul “Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Quthb”.Berdasarkan penjelasan diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan Islam perspektif Muhammad Quthb meliputi hakikat, teknik pendidikan, tujuan pendidikan, serta kandungan pokok di dalamnya.Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur, sehingga dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan data primer yaitu berupa literatur buku Muhammad Quthb, yakni Manhaj Tarbiyah Al Islamiyyah Juz 1 dan 2 dan serta buku karya Khalid Bin Hamid Al Hazimi, yaitu Ushul Al Tarbiyah Al Islamiyyah. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data-data yang mendukung data primer tersebut yaitu buku-buku lain yang ditulis oleh Muhammad Quthb. Adapun data ini diperoleh dengan metode dokumentasi untuk meninjau resensi karya monumental yang berhubungan dengan pembahasan. Sedangkan dalam analisisnya peneliti menggunakan metode analisis deskriptif (Descriptive Analytical Method) dan analisis isi (Content Analytical Method), yaitu metode yang digunakan untuk menelaah sumber data dilanjutkan dengan metode analisis untuk menganalisa data-data yang berhubungan dengan pembahasan tersebut.Dari kajian yang sederhana ini peneliti dapat menyimpulkan bahwasannya: 1) Pendidikan Islam perspektif Muhammad Quthb adalah pendidikan manusia seutuhnya, baik segi rohani, akal, maupun jasmani melalui pembiasaan ibadah. 2) Tujuan pendidikan Islam menurut Muhammad Quthb dibedakan menjadi dua, yakni tujuan umum untuk membentuk manusia bertaqwa. Sedangkan tujuan khususnya untuk mewujudkan manusia yang sempurna. 3) Untuk mencapai tujuan pendidikan Islam tersebut diperlukan berbagai teknik pendidikan diantaranya pendidikan melalui teladan, nasehat, hukuman, cerita, kebiasaan, menyalurkan kekuatan, mengisi kekosongan serta melalui berbagai peristiwa. Demikianlah kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis dalam penelitian ini. Dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pemerhati pendidikan khususnya dalam menciptakan generasi yang berakhlak mulia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 13:45
Last Modified: 04 Nov 2020 13:45
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item