PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN DAN HASIL BELAJAR SANTRIWATI PADA MATERI MUTHOLA’AH KELAS 3 INTENSIF F KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 TAHUN AJARAN 20182019-

Amalia, Rizki (2019) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN DAN HASIL BELAJAR SANTRIWATI PADA MATERI MUTHOLA’AH KELAS 3 INTENSIF F KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 TAHUN AJARAN 20182019-. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
AMALIYAH FIX.pdf

Download (12MB)

Abstract

Muthola’ah merupakan salahsatu pelajaran yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa khususnya Al-Qiro’ah yang diajarkan di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Pelajaran ini diajarkan di semua tingkatan kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan berbagai metode. Namun, hanya sedikit ustadzah yang menerapkan metode Role Playing atau metode bermain peran dimana salahsatu kelebihannya adalah dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan membuat santriwati aktif dalam mengikuti pelajaran Muthola’ah. Dalam wawancaranya dengan Wali kelas 3 Intensif F, peneliti menemukan bahwa sekitar 55% dari 45 siswi kelas 3 Intensif F tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran Muthola’ah dikarenakan mengantuk dan bosan. Dan berdasarkan data dari panitia ulangan umum 2018, peneliti mengetahui bahwa 51% dari mereka belum mencapai standar kenaikan kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) Memaparkan keefektifitasan dari penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan keaktifan belajar pada pelajaran Muthola’ah siswi kelas 3 Intensif Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 2018-2019 Masehi, 2) memaparkan keefektifitasan dari penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Muthola’ah siswi kelas 3 Intensif Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif yang diterapkan di kelas 3 Intensif yang berjumlah 45 siswi di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan siswi dalam belajar, yaitu pada siklus pertama keaktifan siswi mencapai 48 % dan meningkat menjadi 53 % di siklus kedua (2) Penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswi, yaitu hasil belajar siswi pada siklus pertama mencapai 82 % dan meningkat menjadi 84% di siklus ke dua. Oleh karena itu, peneliti berharap kepada segenap dewan guru untuk memberikan perhatian lebih terhadap metode pembelajaran yang akan diterapkan pada suatu pelajaran sehingga akan tercipta belajar mengajar yang kondusif dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:01
Last Modified: 04 Nov 2020 14:01
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item