‫إبندونيسيا‬ ‫االقتصادي‬ ‫النمو‬ ‫على‬ ‫الصكوك‬ ‫أتثري‬ ‫‪)2017‬‬ ‫عام‬ ‫الرابعة‬ ‫السنة‬ ‫ربع‬ ‫إىل‬ ‫‏‪2010‬‬ ‫عام‬ ‫األوىل‬ ‫السنة‬ ‫ربع‬ ‫يف‬ ‫احلالة‬ ‫(دراسة‬

Mukminin ‘Azmi, Harridhi (2020) ‫إبندونيسيا‬ ‫االقتصادي‬ ‫النمو‬ ‫على‬ ‫الصكوك‬ ‫أتثري‬ ‫‪)2017‬‬ ‫عام‬ ‫الرابعة‬ ‫السنة‬ ‫ربع‬ ‫إىل‬ ‫‏‪2010‬‬ ‫عام‬ ‫األوىل‬ ‫السنة‬ ‫ربع‬ ‫يف‬ ‫احلالة‬ ‫(دراسة‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
LPP_Harridhi Mukminin_EI12_Robitoh_Fix_Lembar kosong 7watermark .pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, konsep keuangan berbasis syariat islam (islamic finance) mengalami pertumbuhan secara pesat, salah satu tandanya bisa diterima secara universal dan berbagai negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika mengadopsi konsep ini, yang mana negara- negara islam di kawasan timur tengah telah mengimplementasikannya terlebih dahulu. Hal tersebut ditandai dengan didirikannya berbagai lembaga keuangan syariah dan diterbitkannya berbagai instrumen keuangan berbasis syariah. Salah satu bentuk instrumen keuangan syariah yang telah banyak diterbitkan baik oleh negara maupun korporasi adalah sukuk. Di Indonesia, Peran sukuk sebagai salah satu instrumen pembiayaan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 32/DSN-MUI/IX/2002 tentang Obligasi Syariah, menerangkan bahwa kebijakan pemerintah untuk meningkatkan belanja tentu tidak cukup hanya didukung oleh penerimaan pajak ataupun non-pajak, tetapi juga harus didukung oleh instrumen pembiayaan lain, termasuk sukuk. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator penting untuk menganalisis pembangunan ekonomi yang terjadi di suatu Negara yang diukur dari perbedaan PDB tahun tertentu dengan tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sukuk terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam kurun waktu Triwulan I Tahun 2010 sampai dengan Triwulan IV Tahun 2017. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sukuk terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam kurun waktu Triwulan I Tahun 2010 sampai dengan Triwulan IV Tahun 2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi kasus lapangan. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data nilai Sukuk di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia dan pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan data Produk Domestik Bruto (PDB) di website Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Sedangkan untuk analisis data menggunakan beberapa analisis dan uji statistik dengan software SPSS.20. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh sukuk terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam kurun waktu Triwulan I Tahun 2010 sampai dengan Triwulan IV Tahun 2017. Dan analisis data statistik yaitu berupa penambahan nilai sukuk Rp. 1 akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang dilihat dalam Produk Domestik Bruto sebesar Rp. 196,988 dalam kurun waktu Triwulan I Tahun 2010 sampai dengan Triwulan IV Tahun 2017. Pada akhirnya, peneliti menilai bahwa pembahasan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu peneliti mengharapkan kepada pembaca untuk memberi koreksian dan masukan dari semua aspek agar mencapai hasil dan nilai yang lebih baik. Harapan peneliti, kajian ini mampu memberi sedikit gambaran bagi siapa saja yang akan melaksanakan penelitian di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:05
Last Modified: 04 Nov 2020 14:05
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item