HUBUNGAN ANTARA OVERWEIGHT, KEBIASAAN SARAPAN DAN POLA TIDUR DENGAN PRESTASI AKADEMIK REMAJA SANTRIWATI DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Fatarizka Ali Ratibi, Hasanah (2020) HUBUNGAN ANTARA OVERWEIGHT, KEBIASAAN SARAPAN DAN POLA TIDUR DENGAN PRESTASI AKADEMIK REMAJA SANTRIWATI DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
Hasanah watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia menduduki peringkat 69 dari 76 negara di dunia dalam hasil PISA (Programme International Student Assassment) pada tahun 2015. Banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik seorang siswa, diantaranya faktor kegemukan (overweight), kebiasaan sarapan dan pola tidur. Mengetahui hubungan antara overweight, kebiasaan sarapan dan pola tidur dengan prestasi akademik remaja santriwati di Islamic Boarding School. Jenis penelitian ini menggunakan jenis analisis observasional dengan metode cross-sectional. Pengambilan data sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 98 santriwati. Uji statistik yang digunakan yaitu uji Gamma untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. P value overweight dengan prestasi akademik (p= 0,046) dan nilai r = -0,153, p value antara kebiasaan sarapan dengan prestasi akademik (p = 0,222) dan nilai r = 0,106, p value antara pola tidur dengan prestasi akademik (p= 0,789) dan nilai r = 0,022. Terdapat hubungan yang bermakna antara overweight dengan prestasi akademik, akan tetapi tidak ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan sarapan dan pola tidur dengan prestasi akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:13
Last Modified: 04 Nov 2020 14:13
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item