تنفيذ املنهج املتكامل يف تطوير رغبة تعلم الطلبة يف حفظ القران ابملدرسة الثانوية سلم اهلدي، سواالن، فونوروكو العام الدراسي: 2018-2019 م

Yuliansyah, Rahmat (2019) تنفيذ املنهج املتكامل يف تطوير رغبة تعلم الطلبة يف حفظ القران ابملدرسة الثانوية سلم اهلدي، سواالن، فونوروكو العام الدراسي: 2018-2019 م. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
LAYOUT RAHMAT YULIANSYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum adalah scbuah rancangan program pcndidikan yang berisi scrangkaian pcngalaman yang dibcrilcankcpada peserta didik untuk mccapai suatu tujuan yang diinginlcan dcngan serangkaian pengalaman belajar. Kurikulum mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam kescluruhan kcgiatan pembelajaran, yang akan mencntulcan proses dan hasil belajar peserta didik. Sehubungan dengan itu, diperlukan stratcgi implemcntasi kurikulum di sekolah yang efektif dan efisien, terutama dalam mcngoptimalkan kualitas pembelajaran. Salah satu kcgiatan yang menonjol dalam madrasah adalah Tahfidz Al-Qur'an. Menghafal Al-Qur'an adalah usaha dengan sadar dan sungguh-sungguh yang dilakukan untuk mcngingat dan mcncrapkan bacaan kitab suci al-Qur'an yang mcngandung mukjizat, dengan mcnggunakan metode dan strategi. Pencliti ingin mcngadakan pcnclitian karena mclihat hasil dari obscrvasi di MTs Sulamul Huda mcngadakan progam Tahfidz AI-Qur'an, akan tctapi masih rendahnya minat murid untuk menghafal A1-Qur'an. mclihat sangat pentingnya Mcnghafal Al-Qur'an di masa remaja, ini sangat pcnting untuk di bahas dan di teliti. Adapun tujuan dari pcnelitian skripsi ini adalah: (1) Untuk mengatahui implcmentasi kurikulum Terpadu di MTs Sulamu Huda Siwalan, Ponorogo. (2) untuk mengctahui pecan kurikulum Tcrpadu dalam mengembangkan minat menghafal Al-Qur'an siswa di MTs sulamul Huda, Siwalan, Ponorogo. Pcnelitian ini adalah penclitian lapangan. Pcnelitian ini termasuk penclitian (deskriptif kualttaty), untuk mendapatkan data yang diperlukan. Penulis mcnggunakan data observasi, wawancara, scrta dokumentasi. Sedangkan untuk mengelolah data-data tcrsebut schingga dapat mcncapai pada kcsimpulan yang scmpuma, maka penulis mcnggunakan Tcori ( Miles dan Huberman) yaitu data reduction, yang berarti pencliti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfolcuslcan kepada hal-hal pcnting, dicari tema dan polanya. Data display ( pcnyajian data) yaitu dengan uraian-uraian singkat dan pcngambilan kcsimpulan dari data tcrkumpul. Hasil penclitian ini mcngungkap bahwa: I) implementasi kurikulum Terpadu mencakup perencana, pclaksanaan, evaluasi. 2) Pecan kurikulum Tcrpadu dalam mcndukung dan meningkat minat menghafal Al-Qur'an siswa. yaitu, Dilaksanakannya kcgiatan kajian atau seminar tcntang tahfidz Al-Qur'an Dalam kcgiatan ini berisikan bagaimana can menghafal yang baik, apa saja yang hams dilakukan, apa saja yang hams dilakukan dan lain scbagainya. Ini salah satu upaya mcnumbuhkan rasa minat menghafal al-Qur'an. dan tcntung dcngan dorongan scorang gum didalamnya yang scnantiasa mcmotivasi santri dalam hal-hal yang terIcait dcngan menghafal Al-Qur'an. dari situ lah akan timbul rasa cinta santri tcrhadap Al-Qur'an. Dad hasil penclitian ini disarankan kepada gum selalu scnantiasa untuk memotivasi dan mendorong siswa dalam pentingnya menghafal Al-Qur'an dan selalu cinta dengan Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:22
Last Modified: 04 Nov 2020 14:22
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item