PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA KEMITRAAN (studi kasus pada Perusahaan Omar Smart Brain 2018)

Arief Hidayat, M (2019) PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA KEMITRAAN (studi kasus pada Perusahaan Omar Smart Brain 2018). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
arief hidayat.pdf

Download (2MB)

Abstract

Etika bisnis Islam merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan bisnis. Etika bisnis akan menjadi tolak ukur baik dan buruk serta benar dan salah yang dilakukan oleh para pelaku-pelaku bisnis menurut standar akhlak Islam. Memahami Etika Bisnis Islam merupakan hal penting, sebab hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja pekerjaan seorang dalam mengerjakan bisnisnya. Kinerja merupakan hasil kerja dari seorang pekerja yang telah menjalani proses manajemen atau organisasi secara keseluruhan dimana hasil kerja tersebut dapat ditunjukan buktinya secara konkrit dan dapat diukur. Dengan demikian Etika Bisnis Islam dan kinerja merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisakan. Maka tujuan dalan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap kinerja kemitraan perusahaan Omar Smart Brain dan seberapa besar tingkat pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap kinerja kemitraan perusahaan Omar Smart Brain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan Omar Smart Brain. Subjek penelitian ini adalah 50 orang agen kemitraan Perusahaan Omar Smart Brain dengan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data-data primer dan skunder. teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil dalam penelitian ini adalah bahwa variable Etika Bisnis Islam (X) memiliki t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (2.656> 1,677) dan taraf signigikansi (Sig.) lebih rendah dari 0,05 (0,01 < 0,05) dan Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,110 atau 11%. Maka dapat dikatakan bahwa 11% merupakan tingkat pengaruh etika binis Islam terhadap kinerja kemitraan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Variabel etika binis Islam (X) memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja kemitraan perusahaan Omar Smart Brain (Y) dan tingkat pengaruh pada variabel etika binis Islam (X) terhadap kinerja kemitraan (Y) yaitu sebesar 0,110 atau 11% dan sisanya 89% dipengaruhi oleh variable-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Etika Bisnis Islam dan Kinerja Kemitraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:26
Last Modified: 04 Nov 2020 14:26
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item